Gerah Dengan Kebijakan Susi, Ribuan Nelayan akan Demo

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Perwakilan Nelayan Se-Jawa Konsolidasi di Jakarta. Sekitar lima puluh orang perwakilan nelayan se-Jawa melakukan konsolidasi di Jakarta pada Selasa (4/7/2017), tepatnya di ruang rapat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI. Mereka resah atas berbagai kebijakan yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Sejak kepemimpinan Menteri Susi Pudjiastuti, nelayan merasa ditekan dan ditindas. Berbagai elemen nelayan berkumpul untuk menyuarakan keprihatinan nelayan.

Diantara elemen nelayan yang hadir adalah Front Nelayan Indonesia, Front Nelayan Bersatu, Paguyuban Nelayan Kota Tegal, serta Rukun Nelayan Lamongan, Rembang, Pati Juwana, Brebes, Probolinggo, Indramayu, Batang, Sukabumi, Tangerang, Pandeglang, dan Muara Baru.

Para Nelayan tanpa lelah berjuang untuk memperjuangkan hak hidupnya, serta mempertahankan hak konstitusionalnya. Nelayan berharap Presiden segera membatalkan berbagai Permen Kelautan dan Perikanan yang menyengsarakan nelayan.

Salah satu keputusan yang diambil adalah demonstrasi yang akan dilaksanakan pada Rabu, 11 Juli 2017 dengan estimasi massa akan berkumpul di Jakarta kurang lebih 10 ribu orang.

“Dalam pertemuan tersebut, kami langsung mendaulat dan mengusulkan Bung Rusdianto Samawa sebagai koordinator lapangan untuk memimpin aksi demonstrasi nelayan nanti”, kata Agus Susanto Priyono Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) dalam pertemuan itu.

“Setelah dikonfirmasi, kami menyatakan siap memimpin 10 ribu orang massa untuk konsentrasi demo didepan istana negara dengan tuntutan mendesak Presiden RI untuk mencopot Susi Pudjiastuti dari jabatannya dan membatalkan seluruh peraturan yang dibuatkan oleh Susi Pudjiastuti,” kata Ketua Front Nelayan Indonesia, Rusdianto Samawa, di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Seluruh nelayan tergabung dalam Front Nelayan Indonesia dan akan disampaikan surat pemberitahuan resmi kepada Polda Metro Jaya untuk mendapat izin dalam menyatakan pendapat.

Salah satu perwakilan nelayan mengungkap kita akan tergabung dalam Front Nelayan Indonesia, serta tidak mengurangi peran-peran paguyuban, asosiasi dan organisasi nelayan lainnya. Ungkap perwakilan nelayan dari Sukabumi dalam pertemuan tersebut yang mengusulkan Front Nelayan Indonesia untuk menaungi gerakan demonstrasi ini.

Dalam pertemuan tersebut diikuti oleh sebanyak 2 orang perwakilan media dan sekitar 50 perwakilan nelayan. Harapan nelayan semoga dengan perjungan ini mendapat keberkahan dan mendapat solusi yang baik dari pemerintah.

(suara.com/muh)

Related Posts