Pemkot Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan bantuan kepada korban angin puting beliung di kawasan jalan Bina Jaya, kelurahan Kota Baru pada Senin (10/10) sore.

Pemberian bantuan kepada korban antara lain berupa bahan bangunan, bahan makanan, serta peralatan rumah tangga.

“Bantuan ini sifatnya sementara, kecuali yang bahan bangunan. Kami minta kepada warga untuk diperbaiki dan diperkuat kontruksi atap dan lain sebagainya supaya ketika terjadi seperti ini bangunannya tidak mudah roboh,” ujar Edi.

Selain itu Edi juga mengimbau kepada masyarakat di daerah yang pernah ditimpa oleh bencana puting beliung untuk mengantisipasi tanaman yang tinggi di sekitarnya, agar jika terjadi angin kencang tidak membahayakan nyawa orang-orang di sekitar.

Sementara itu menurut Lurah Kota Baru, Jamilah, bantuan ini diberikan kepada tiga dari tujuh keluarga yang kediamannya terkena puting beliung.

Hal ini dikarenakan empat korban lainnya tidak mengalami kerusakan yang cukup berarti, dan juga mereka mampu untuk memperbaiki kerusakannya sendiri.

“Sementara tiga korban lainnya di prioritaskan bukan hanya karena kerusakan yang mereka derita, tapi juga karena kondisinya yang memang kurang mampu,” jelasnya.

“Tiga rumah ini cukup parah, ada satu yang rubuh total, mereka tidak mampu dan setelah diusut mereka juga salah satu penerima bantuan rastra. Jadi memang butuh perhatian pemerintah kota,” ujar Jamilah.

Korban yang rumahnya habis roboh adalah Misnawati (23). Mahasiswi semester akhir ini berterima kasih kepada Pemerintah Kota atas bantuan serta perhatian yang diberikan.

“Kami sangat bersyukur dan alhamdulillah karena telah dibantu, apa lagi dari pak Edi tadi juga ada terjun langsung melihat keadaan rumah kami yang memang tidak bisa dihuni lagi,” ujarnya.

Untuk sementara ia dan kakaknya menempati di tenda darurat yang dibangun oleh tim penanggulangan bencana sambil menunggu selesainya pembangunan kembali tempat tinggalnya.

(Imam/Faisal)

Related Posts