Tim Gabungan Cek Saluran yang Menimbulkan Bau di Depan KFC Ketapang

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Tim gabungan Dinas Kesehatan dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Ketapang melakukan pengecekan terkait bau tidak sedap disaluran air Jalan DI. Panjaitan yang berada tepat di depan KFC, Selasa (11/7).

Aris staf Dinas Kesehatan Ketapang saat ditemui dilapangan mengeluhkan bau di saluran drainase tempat penyaluran air pembuangan yang menjuju kesungai, tepatnya di depan KFC Ketapang, pasalnya limbah air di saluran itu berbau sejak belakangan ini.

“Meski ini dekat dengan rumah sakit dan dinas Kesehatan namun terkesan dibiarkan saja, itu mungkin dari system pengolahan limbah yang menimbulkan bau ini sehingga mengganggu aktifitas perkantoran sekitarnya dan mencemari udara, makanya kita lakukan monitoring dan bekerja sama dengan dinas istansi terkait,” ujarnya.

Kalau tidak ada upaya penanggualangan atau pun pencegahan, pihaknya akan kerja sama dengan Satpol PP untuk menertibkan kalau baku mutunya di luar ambang batas,” tegasnya.

Sementara itu Kasi Pengendalian, Pemeliharaan dan Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Arif Lukman memaparkan akan mencari sumbernya dulu yang mana menimbulkan bau.

“Karena disekitar ada beberapa tempat usaha selain KFC seperti penjualan bakso, dan penjualan lainnya. Dari itu kita tentukan dulu dan kita juga tidak bisa menuduh langsung kepada yang ini sumbernya gak bisa langsung,” terangnya.

Disisi lain, staf KFC Ketapang, Catur mengatakan bahwa akibat bau limbah yang ditimbulkan di drainase depan KFC sendiri baru kali ini orang –orang dinas datang dan melakukan monitoring terhadap kfc ketapang.

“Mengenai bau yang ditimbulkan akibat limbah itu kami sebenarnya sudah mempunyai pengelolaan limbah sendiri dan kami juga sudah mempunyai IPAL juga, dan mungkin itu masalah instalasi dan saya pun kurang mengetahui secara detail,” tutupnya.

(Ras/Faisal)

Related Posts