Amerika Serikat Puji Prestasi Thamrin Usman Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan

Foto : Dubes Amerika Serikat JoSeph Donovan dan Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman DEA saat mengunjungi booth peserta pameran Go Kalimantan Girl Eco Preaneurship Project" di American Corner Untan/Syarif Abdulrahman

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman DEA, mendapatkan pujian dari Amerika Serikat, atas prestasinya mendorong dan meningkatkan kerja sama pendidikan Indonesia dan negara Paman Sam tersebut.

Melalui kemajuan yang dicapai American Corner Universitas Tanjungpura menjadi yang terbaik dan paling aktif diantara sembilan American Corner yang ada di Indonesia sehingga hal tersebut menjadi acuan bahwa Rektor Untan mampu membawa peningkatan kerja sama pendidikan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan Untuk Indonesia mengatakan secara tegas, prestasi dan capaian American Corner Untan adalah karena kepemimpinan Thamrin Usman sebagai Rektor di Universitas Tanjungpura, untuk hal tersebut dia sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan Rektor.

“Untan merupakan mitra yang luar biasa untuk Amerika Serikat dalam kerja sama pendidikan antar Amerika Serikat dan Indonesia dan itu tentunya karena kepemimpinan dari Bapak Thamrin Usman sebagai Rektor disini” katanya.

Joseph Donovan pun mengakui dari sembilan American Corner yang dimiliki di Indonesia, American Corner Untan adalah yang terbaik dan teraktif se Indonesia dengan 4000 lebih kegiatan yang sudah digelar semenjak berdiri, untuk itu Ia memastikan dalam kunjungan perdananya dapat mendatangi American Corner Untan.

“Dalam kunjungan pertama saya ke Kalimantan Barat dan pertama di Pontianak ini, saya memang memastikan untuk berkunjung ke American Corner Untan” katanya.

Selain itu dalam kunjungan Dubes America kali ini juga berkesempatan mengikuti acara “Go Kalimantan Girl Eco Preneurship Project” yang bertema from waste to wealth dengan mengunjungi stand pameran produk daur ulang yang disediakan di lokasi American Corner Untan sebagai pengagas acara tersebut.

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr Thamrin Usman DEA, menjawab hal tersebut mengatakan bahwa kalau yang dikatakan Dubes Amerika Serikat itu adalah penilaian dari pihak yang mengamati Untan dan kepemimpinannya dari luar, dan hal tersebut realistis dan objektif sebagaimana lazimnya cara berfikir orang Amerika dan budaya barat umumnya.

“Bisa dilihat bersama pujian tersebut realistis atau tidak karena orang barat selalu berfikir dan berbicara yang real dan objektif” katanya.

Selain itu, Thamrin Usman juga mengatakan kalau dirinya tetap berkomitmen untuk meningkatkan dan memajukan American Corner Untan sebagai media pendekatan hubungan kerjasama antara Untan dan Amerika Serikat dan kerja sama pendidikan antar kedua negara.

“Dengan adanya kerjasama yang baik antara Untan dan Amerika serta hubungan kedua negara yang baik untuk pendidikan sehingga ini akan mendorong dan membuka lebih besar lagi kesempatan putra putri Indonesia untuk belajar dan melanjutkan studi kesana, serta melalui hal ini (American Corner) akan lebih mudah mengadaptasi dan mengenal lebih jauh budaya dan kultur pendidikan di Amerika Serikat” katanya mengakhiri.(Syafarudin Ariansyah)

Related Posts