Grup Peserta Kalimantan Go Girls Ini Terima Ambassador Special Prize

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Grup Himawari mendapat kehormatan dengan menerima Ambassador Special Prize dalam kegiatan Kalimantan Go Girls yang diselenggarakan oleh American Corner Untan pada Rabu (12/7).

Kategori ini merupakan penghargaan khusus yang diberikan oleh Duta Besar Amerika Serikat atas produk daur ulang dari sedotan es plastik yang mereka sulap menjadi tas.

Nilai plus dari produk ini adalah ide mereka dengan menyertakan corak 3 etnis yang ada di Kalimantan Barat dalam desain tas tersebut.

Lebih rinci tas tersebut mengambil desain dengan bentuk corak insan khas Melayu yang dipadukan dengan warna hitam, dan merah yang mewakili etnis Dayak dan Tionghoa.

Ketua Grup Himawari, Nurhasanah, mengaku tidak menemui kesulitan dalam membuat produk ini. Hanya memang diakuinya pembuatan tas tersebut dapat memakan waktu 2 sampai 3 hari per buahnya.

“Memikirkan desain itu kita perlu waktu. Jadi bagaimana agar dia berbentuk corak insang,” ujarnya.

Kedepannya grup Himawari akan memproduksi produk unggulan tas lebih banyak untuk dikenalkan kepada masyarakat luas, serta menyebarkan ide untuk menjaga lingkungan.

“Sekaligus juga menjadi promosi untuk menjaga lingkungan. Dipinggir jalan itu kan banyak orang jualan es, dan sedotan itu dibuang ke jalan. Nanti kita akan bekerjasama dengan mereka dan juga rumah-rumah makan untuk mengumpulkan sedotan bekas tersebut, yang selanjutnya kita buat jadi tas dengan motif yang lebih beragam lagi,” jelasnya.

Hal itu dilakukan dengan masih dalam program American Corner selama satu tahun. Setelah program tersebut selesai, ia mengungkapkan bahwa kegiatan grupnya akan terus berjalan untuk dijadikan usaha mandiri.

(Imam/Faisal)

Related Posts