Gapoktan Mitra Usaha Perapakan Besi Gelar Panen Perdana

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra usaha dusun Sungai Palai desa Perapakan Besi menggelar panen raya perdana, Selasa (18/7).

Kades Perapakan Besi Hamdani mengatakan, untuk desa Perapakan Besi luas tanam sebanyak 900 hektar, yang ditanami sebanyak 850 hektar untuk pada bulan juni ini sebanyak 10 hektar.

“Akan menyusul juga di bulan Agustus akan panen raya di dusun serdang, untuk indek tanam sendiri baru mencapai 1.80 persen, saat ini juga untuk 2 hektar lahan padi kita mencapai 300 persen,” ujar Hamdani, Selasa (18/7).

Kedepan menurut Hamdani, bagaimana nantinya, Bulog harus di kuatkan lagi kerja samanya, karena selama panen perdana ini harga gabah sangat jatuh.

“Kalau bisa kerja sama yang baik untuk taraf hidup petani juga yang lebih baik,” kata Hamdani.

Hadir dalam panen perdana tersebut perwakilan dari kementerian pertanian, kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Sambas, Dandim 1202 Singkawang.

Kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Sambas Musanif menyebutkan, untuk panen perdana yang di lakukan dengan swadaya masyarakat tentunya sangat diapresiasi.

“Pada saat ini, ada kendala di mana untuk bulog menyerap harga petani hanya Rp3700 harapan petani kalau bisa Rp4500, setidaknya dapat memberikan motivasi bagi petani,” sebut Musanif.

Peluang pasar untuk gabah menurut Musanif sangat terbuka lebar, karena karena sudah ada border Aruk, dan didukung akses jalan dengan baik.

“Untuk perbatasan tidak hambatan lagi, artinya peluang kita memasarkan hasil tani kita ke luar negeri sudah terbuka lebar,” katanya.

Musanif optimis, ke depan kerja keras petani dan semua stakeholder terutama TNI yang selalu mendampingi para petani, maka Kecamatan Pemangkat bisa kembali jaya ke depannya dalam bidang pertanian.

(Gindra/Faisal)

Related Posts