Tak Semua Sekolah di Landak Terapkan Sekolah Lima Hari

Ilustrasi sekolah

Landak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Landak mengembalikan penerapan kebijakan sekolah lima hari kepada masing-masing sekolah.

“Artinya, bagi sekolah yang ingin menerapkannya, silakan saja. Demikian juga bagi sekolah yang ingin menerapkannya, ya silakan,” ujar Kepala Disdikbud Landak, Aspansius, Rabu (26/7).

Menurutnya, dari sekian banyaknya sekolah di Landak, ada sekolah yang sudah menerapkan sekolah lima hari, dan ada juga sekolah yang belum menerapkannya.

“Penerapan kebijakan sekolah lima hari itu memang diatur dalam Permendikbud. Tapi Permendikbud itu dianulir oleh Pak Presiden yang katanya akan diganti dengan Peraturan Presiden.

Namun sampai saat ini belum ada. Ada sejumlah sekolah yang sudah melapor ke pihaknya untuk melaksanakan kebijakan sekolah lima hari. Sekolah itu seperti, Persekolahan Makedonia Ngabang, Persekolahan Alfa Omega dan SMAN 1 Ngabang.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 1 Ngabang, Thomas Edison mengaku jika sekolah yang ia pimpin sudah menerapkan kebijakan sekolah lima hari pada tahun ajaran 2017/2018 ini.

“Sekolah lima hari yang diterapkan tersebut sudah sesuai dengan Permendikbud No. 23 tahun 2017 tentang hari sekolah,” kata Thomas.

Dijelaskannya, seiring dengan penerapan kebijakan sekolah lima hari itu, jadwal pulang sekolah di sekolah tersebut ditetapkan pukul 15.20 Wib, sudah termasuk jam istirahat.

“Masuk sekolah tetap pukul 07.00 Wib. Tapi meskipun sudah menerapkan kebijakan sekolah lima hari, kita akan tetap melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sudah diterapkan itu. Sambil berjalan kita lakukan evaluasi. Apalagi SMAN 1 Ngabang merupakan sekolah rujukan atau percontohan,” kata mantan Kepsek SMAN 1 Karangan ini.

Penerapan yang sama juga dilakukan di SMAN 2 Ngabang.
Menurut Kepsek SMAN 2 Ngabang, Dian Christian mengatakan, sambil berjalan, kebijakan sekolah lima hari itu juga akan dilakukan evaluasi.

“Kita akan mencobanya selama satu semester, ” janjinya.

(NY/Faisal)

Related Posts