Rektor Untan Siap Maju Pilgub 2018

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, akhirnya angkat suara mengenai spekulasi isu pendaftaran dirinya sebagai Calon Gubernur Kalimantan Barat pada Pilkada 2018. Ditemui sesaat usai memimpin jalannya Wisuda Universitas Tanjungpura Periode IV pada Kamis (27/7), pria yang juga pernah memimpin Fakultas Matematika dan IPA ini mengatakan, bahwa Kalimantan Barat saat ini membutuhkan figure yang mampu menaikan status pendidikan di daerahnya.

“Anda lihat rata-rata pendidikan masyarakat Kalbar hanya tamat kelas 2 SMP, kalau kualitas pendidikan kita meningkat ini nantinya akan berdampak. Hasil riset dari Bank Dunia mengatakan, bahwa jika faktor pendidikan itu diungkit, maka ia akan memberikan imbas positif pada ekonomi dan kesehatan. Oleh sebab itu kita butuh figure yang concern dan mempraktekkan aspek pendidikan ini dalam kesehariannya, jadi tidak hanya sekedar program diatas kertas saja,” ujar Rektor.

Disinggung soal pendaftaran untuk mengikuti Pilkada nanti, dirinya mengaku mempersilahkan kepada pihak yang mengusungnya untuk mendaftar kemanapun.

“Teman-teman sudah mendaftarkan saya ke Nasdem, saya persilahkan saja lah. Nanti mau daftar kemanapun mau ke PPP, Gerindra, PKS, dan sebagainya terserah mereka. Dan kita akan lihat bagaimana respon masyarakat, tentu saja keputusannya nanti ada di last minute,” tambahnya.

Terkait dengan program kerja yang akan diberikan, Rektor Untan dua periode ini mengatakan, bahwa dirinya ingin meningkatkan daya saing Kalimantan Barat dengan memperbaiki tiga aspek, yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Saya butuh masyarakat Kalimantan Barat yang cerdas, bergizi, kemudian juga mampu membangun daerahnya dengan segala yang ia bisa. Kita punya sumber alam yang luar biasa, tetapi kita tidak dibackup oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mumpuni. Anda tahu kita punya sumber daya alam uranium tapi tak pernah disentuh, ini dibutuhkan karena kalau listrik kita murah, infrastruktur kita tersedia, maka daya saing kita bisa tinggi,” jelas Rektor.

Selain itu ia juga menyinggung perihal penyiapan Sumber Daya Manusia agar cukup mumpuni untuk meningkatkan daya saing dengan daerah lain. Menurutnya hal itu dapat dilakukan dengan memperbaiki gizi makanan yang dimakan oleh masyarakat sehingga pertumbuhan otak dan juga kesehatannya dapat lebih meningkat.

Meskipun begitu, Prof Thamrin Usman tidak terlalu mementingkan apakah ia akan diusung untuk mengisi posisi Calon Gubernur ataupun Wakil Gubernur. Namun mengingat dirinya yang pada saat ini masih berstatus sebagai ASN dan juga Rektor Untan, ia akan tetap mengikuti peraturan yang berlaku, yaitu apabila ditetapkan menjadi calon ataupun bakal calon dalam Pilkada Kalimantan Barat nanti maka ia tak lagi mengemban jabatan dan statusnya yang sekarang. Hal ini pun diakuinya mendapat dukungan positif dari pihak keluarga maupun tokoh-tokoh yang berhubungan dengan beberapa forum yang dipimpinnya sepanjang apa yang dilakukannya membawa dampak yang baik bagi Provinsi Kalimantan Barat.

Ia pun mengaku siap dengan isu-isu negatif yang akan menimpa dirinya. Hal itu dikatakan Rektor sudah menjadi konsekuensi ketika seseorang memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

“Itu sudah tradisi politik, pasti akan ada karakter assassin. Tetapi apapun definitifnya (kepastian, red) ada pada saat ditetapkan dalam pendaftaran ulang. Sepanjang itu hanyalah upaya untuk meyakinkan, ibarat kata sekali layar berkembang itu pantang diturunkan kecuali anginnya tidak ada. Jadi apa isu itu benar ? Kita lihat saja nanti,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

Related Posts