Warga Bisa Menyusuri Sungai Sekadau dengan Perahu Kano

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Warga Sekadau dapat menggunakan perahu kano dengan menyusuri pesisir Sungai Sekadau, Kampung Tebal, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

Dodi, salah seorang warga mengatakan, perahu Kano merupakan perahu kecil dan sempit. Perahu tersebut, kata dia, digerakan dengan tenaga manusia tetapi juga lazim diberikan layar.

“Kano biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka dibagian atasnya. Saat ini sudah ada lima unit perahu Kano,” ujarnya yang juga pemilik perahu Kano tersebut.

Doni menilai, pemanfaatan Sungai Sekadau sangat kurang efektif. Padahal, kata dia, potensinya sangat luar biasa jika bisa dimanfaatkan orang-orang kreatif dan inovatif.

“Agak kurang dimanfaatkan dengan baik. Padahal pesisir Sungai Sekadau ini strategis karena banyak orang yang santai dan beraktivitas, bisa juga menyusuri sungai Sekadau,” ucapnya.

Ia menuturkan, orang yang menaiki perahu Kano tidak hanya menikmati pemandangan saja, melainkan bisa menyusuri Sungai Sekadau.

Untuk itu, ia berharap usaha-usaha kreatif dan inovatif yang ada di Kabupaten Sekadau terus berkembang, karena banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan adanya Sungai di Sekadau.

“Harapan kami mudah-mudahan kedepan pemerintah bisa menanamkan modal kepada usaha kecil menengah. Sehingga generasi muda terus berkembang dan berpikir kreatif dengan melihat peluang yang strategis di daerahnya,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sungai Ringin Abdul Hamid mengapresiasi anak muda yang bisa memanfaatkan potensi usaha. Hal ini, kata dia tentunya bisa membawa angin segar bagi generasi muda lainnya untuk berani memulai berusaha.

“Kami sangat mengapresiasi sekali. Apalagi, perahu Kano ini berada di Sungai Sekadau, Desa Sungai Ringin, masyarakat bisa memanfaatkannya sekedar untuk melihat dan menyusuri Sungai Sekadau,” kata dia Minggu (30/7).

Untuk itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir Sungai, baik itu Sungai Sekadau maupun Sungai Kapuas untuk tidak membuang sampah ke sungai. Hal ini, kata dia, untuk menjaga kebersihan agar sungai tidak tercemar.

“Bersama-sama menjaga sungai agar tetap bersih dan tidak buang sampah ke sungai. Ini tugas kita bersama,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

 

Related Posts