Lilin Ditiup, Bakteri pun Tersembur ke Kue Ulang Tahun

Thetanjungpuratimes.com – Kue ulang tahun biasanya akan dipotong setelah lilin yang ada di atasnya ditiup. Hal itu merupakan sebuah kebiasaan umum di seluruh dunia.

Tapi haruskah kita melakukan itu?

Sebuah penelitian menimbulkan sebuah pertanyaan tentang perlukah kita memakan kue yang sama dengan yang kita tiup lilinnya.

Dikatakan bahwa, kita mungkin saja akan menyemburkan bakteri hingga hinggap di lapisan atas kue usai lilin ditiup.

Sebuah tim peneliti di Clemson University di South Carolina menemukan bahwa air liur yang menyebar saat meniup kue ulang tahun meningkatkan bakteri hampir 1.400 persen.

Menurut the Deccan Chronicle, Dr Paul Dawson, yang melakukan penelitian dengan kelompok mahasiswa sarjana tersebut sampai pada kesimpulan mengejutkan yang membuat mereka berpikir tentang keamanan makanan.

Dawson mengatakan kepada Daily Mail Online bahwa dia benar-benar mendapat ide penelitian tersebut saat bercakap-cakap dengan putrinya.

Selama percobaan, diamati bahwa ada pertumbuhan bakteri yang sangat besar pada kue frosting setelah satu tiupan. Dan dengan lebih banyaknya orang-orang yang meniup lilin maka akan menyebarkan lebih banyak bakteri lagi.

Namun, Dawson berpendapat bahwa ini sama sekali tidak melarang praktik meniup lilin di atas kue.

Ilmuwan percaya bahwa jika hal itu merupakan masalah serius, maka akan menimbulkan keributan besar dengan mempertimbangkan seberapa umum praktik meniup kue pada hari ulang tahun.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts