Kalbar Bisa Hasilkan 1,8 Juta Ton GKG

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalimantan Barat, Heronimus Hero, memaparkan, kini Kalbar bisa menghasilkan 1,8 juta ton per tahun Gabah Kering Giling (GKG).

Hal tersebut disampaikannya saat acara Rapat Koordinasi Upaya Khusus (Upsus) Padi Jagung Kedelai (Pajale) Provinsi Kalimantan di sebuah hotel di Pontianak, pada Rabu (2/8).

“Jika dikaitkan dengan upaya Luas Tambah Tanam (LTT)  angka tersebut masih belum optimal,” kata Kepala Dinas yang baru dilantik lima hari lalu ini.

Ia menuturkan, luasan tanaman padi di Kalbar pada awal Juli 2017 berjumlah 13 ribu hektare. Dengan adanya program LTT pada bulan Juli pihaknya bisa mendongkrak luas tanam menjadi 21 ribu hektare.

“Target kita diakhir Juli 29 ribu hektare, kami memang sengaja menargetkan luas tanam lebih tinggi, agar semangatnya juga tinggi,” ujarnya.

Namun demikian, Ia menyebutkan, pihaknya masih mempunyai waktu dua bulan (Agustus-September) kedepan untuk mendongkrak luas tanam tersebut.

“Setiap daerah di Kalbar harus bersama-sama dan mempunyai tanggungjawab bersama untuk menyukseskan program Kementerian Pertanian guna bisa mencapai swasembada pangan,” harapnya.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan RI, Momon Rusmono, perwakilan Kepala Dinas Pertanian se Kalbar serta dari Anggota TNI.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts