Kasus ISPA di Puskesmas Alianyang Meningkat Sejak Adanya Kabut Asap

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dokter Fungsional Puskesmas Alianyang, dr Pietra Anindita mengakui sejak adanya kabut asap dalam dua minggu terakhir ini berakibat kunjungan warga dengan keluhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Alianyang meningkat.

“Memang terjadi peningkatan secara kumulatif antara kunjungan karena ISPA di bulan Juni dengan yang ada di bulan Juli,” ungkapnya saat ditemui pada Jumat (4/8) siang.

Menurutnya, secara kumulatif pihaknya menerima kunjungan dengan keluhan ISPA di bulan Juni sebanyak 320, sedangkan di bulan Juli meningkat menjadi 410. Sehingga ada kenaikan sebanyak 90 kasus ISPA.

Dirinya melanjutkan kebanyakan keluhan ISPA tersebut diderita oleh anak-anak dengan usia dibawah 5 tahun. Selain itu kasus ISPA tersebut tidak hanya menyerang sistem pernafasan atas saja, tapi juga ada yang sudah mengenai paru-paru.

“Biasanyakan cuma batuk pilek saja, tapi ini sampai ada yang hilang suara, ada juga yang mengeluh amandelnya sakit sekali,” lanjutnya.

Ia juga mengakui dalam dua minggu terkahir, pasien yang datang karena ISPA mengeluh soal terkena kabut asap.

“Karena memang asap ini luar biasa, kita lihat motor yang terparkir itu debunya, ini bahaya sekali kalau sampai terhirup partikel debu itu masuk ke saluran pernafasan,” jelasnya.

Dita menunjukkan data untuk kunjungan di bulan Agustus ini terhitung hingga tanggal 3 sudah ada 29 keluhan karena ISPA. Karena itu saat ini pencegahan terhadap ISPA masih menjadi prioritas bagi Puskesmas Alianyang sendiri.

Hal tersebut dilakukan dengan membagikan masker yang didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak kepada seluruh Puskesmas yang ada.

Selain itu pihaknya juga melakukan edukasi kepada setiap pengunjung Puskesmas akan bahaya dari kabut asap itu sendiri.

“Kalau bisa menggunakan masker dua lapis pada saat beraktifitas diluar, ataupun mengurangi aktifitas tersebut jika memang bukan keadaan yang mendesak dengan kondisi kabut asap yang ada sekarang ini,” pungkasnya.

(Imam/Faisal)

Related Posts