Ratusan Pelajar Berbusana Adat Warnai Kirab Kebhinekaan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes,com – Ratusan pelajar dan masayarakat umum di Putussibau mengikuti acara Kirab Kebhinekaan yang dilaksanakan Polres Kapuas Hulu, Senin (7/8).

Pada peserta menggunakan pakaian adat dan berjalan kaki mengitari jalan Komyos Sudarso dan DI Panjaitan. Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero berkesempatan melepas kegiatan parade baju adat tersebut.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riadi, menuturkan, kegiatan tersebut adalah rangkai dari peringatan HUT RI ke 72 dan HUT Bhayangkara ke 71.

“Sementara untuk kirab kebhinekaan ini sendiri untuk meningkatkan nasionalisme dan persatuan masyarakat Kapuas Hulu,” kata Kapolres.

Kata Imam, dirinya sengaja menginisiasi kegiatan Kirab Kebhinekaan karena melihat kekompakan masyarakat Kapuas Hulu, meskipun suku dan budayanya beragam.

“Makanya melalui kegiatan ini, kami ingin menjalin silaturahmi antara suku, agama dan budaya bagaimana mempersatukannya agar lebih kuat lagi,” ungkapnya.

Imam meminta masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara keberagaman, karena kebersamaan hidup dalam keberagaman adalah warisan dan modal dalam membangun bangsa yang besar.

“Dengan keberagaman seperti ini dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga dengan tanah kelahirannya dengan menjaga keamanan wilayahnya,” ujarnya.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L  Ain Pamero, menilai, kegiatan yang menjaga kebhinekaan harus terus didukung.

“Kegiatan seperti ini harus kami dukung, ini merupakan contoh yang sangat baik dalam meningkatkan silaturahmi dan nasionalisme masyarakat Kapuas Hulu,” ujarnya.

Anton mengatakan, dalam meningkatkan rasa persaudaraan dan toleransi di Bumi Uncak Kapuas, seseorang tidak lagi harus berbicara suku, agama, budaya masing-masing, namun melainkan bagaimana berbicara untuk kepentingan bersama dalam menjaga keamanan, dan ketertiban di Kapuas Hulu supaya bisa hidup bersama dan berdampingan dengan damai dan sejahtera.

“Oleh karena itu mari kita jalin terus rasa persatuan dan kesatuan kita antara kita demi Kapuas Hulu tercinta,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts