Hampir Seluruh Desa di Kubu Raya Sudah Terbentuk Masyarakat Siaga Api

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, Mokhtar, mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah membentuk desa siaga api di hampir seluruh desa yang ada di kabupaten itu.

“Dari  total 118 desa yang ada di Kubu Raya kita sudah membentuk desa siaga api hampir di seluruh desa,” kata Mokhtar, Kamis (10/8).

Mokhtar mengatakan, luasan lahan yang berpotensi munculnya titik api cukup besar di Kabupaten Kubu Raya, sehingga ada beberapa lokasi yang memang sulit dijangkau melalui jalur darat.

“Jadi kita menghimbau kepada masyarakat jika menemukan titik api segera mungkin melaporkan ke kita agar segera bisa dipadamkan melalui jalur udara,” ujarnya.

Berdasarkan data dari BPBD Kalimantan Barat sedikitnya 174 desa/kelurahan yang rawan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dimusim kemarau. Lahan gambut yang berpotensi besar timbulnya kebakaran di Kalbar sekitar 1,6 juta hektare.

Melihat potensi kebakaran hutan dan lahan tersebut, BPBD Kalbar mendorong selain Satuan Tugas (Satgas) operasi udara, patroli petugas pemadam darat, semua pihak juga harus meningkatkan kesiagaan guna mencegah dan menanggulangi musibah yang seoalah menjadi musibah Kalbar tahunan tersebut.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts