KKN di Sajingan Besar, Mahasiswa Untan Gelar Kegiatan Cuci Tangan di SDN 3

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat di Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, mahasiswa yang sedanga melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata menggelar kegiatan cuci tangan di SDN 3 Sajingan Besar, Kamis (10/8) pagi.

Kegiatan cuci tangan ini tergabung ke dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIM) menggandeng pihak kesehatan, menyasar siswa kelas I sebanyak 40 siswa terlihat aktif dalam mengikuti sosialisasi.

Perwakilan pihak Puskesmas Sajingan, Herli mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi sekaligus praktek cuci tangan ini.

“Kami sangat mendukung sosialisasi ini, kegiatan cuci tangan pernah kita lakukan di seluruh sekolah di Sajingan Besar, ketika gerakan cuci tangan sedunia kemarin, cuma kali ini teman-teman mahasiswa memilih kelas satu yang tentu belum pernah mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa Untan membagikan roti, minuman, serta memberikan hadiah bagi siswa yang mau maju ke depan untuk memperagakan cuci tangan.

Ketua mahasiswa KKN Posko Kaliau, Rotama mengatakan sosialisasi ini memang sangat penting diberikan kepada setiap siswa, apalagi kepada siswa kelas I yang harus banyak diawasi terkait cuci tangan sebelum makan.

Mahasiswa Prodi Ilmu Politik ini mengingatkan bahwa kesehatan berpengaruh terhadap prestasi siswa.

“Kesehatan sangat mempengaruhi prestasi, maka lingkungan sekolah juga harus bersih untuk siswa,” katanya.

Pada kegiatan cuci tangan di SDN 3 Sajingan Besar ini, turut hadir Sekretaris Desa Kaliau, Japleng yang mengimbau kepada sekolah untuk menyediakan kran air.

“Saya mengimbau kepada pihak sekolah, dan kantin sekolah untuk menyediakan kran air, supaya anak-anak bisa mencuci tangan sebelum jajan,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

Related Posts