Ronaldo Masih Kalah Beringas dari Cantona dan Suarez

Thetanjungpuratimes.com – Cristiano Ronaldo dipastikan bakal melewatkan leg kedua Piala Super Spanyol 2017 dan absen di bulan pertama Liga Spanyol musim 2017/18 menyusul hukuman larangan lima pertandingan dan denda sebesar 3850 euro yang diterima pemain 32 tahun itu.

Hukuman tersebut diterima Ronaldo setelah Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF, memutuskan pemain asal Portugal itu melakukan tindakan yang kurang pantas terhadap ofisial pertandingan.

Seperti diketahui, Senin (14/8/2017), Ronaldo menerima kartu merah saat menghadapi Barcelona di leg pertama Piala Super Spanyol. Dalam pertandingan itu, Ronaldo diusir wasit Ricardo de Burgos setelah mendapat kartu kuning kedua lantaran diving. Tidak terima keputusan wasit, Ronaldo pun mendorong wasit saat hendak meninggalkan lapangan.

Ronaldo angkat kaki dari arena pertandingan yang berlangsung di Camp Nou tersebut hanya dua menit usai menjebol gawang Barcelona. Dimana selebrasinya yang berlebihan dengan membuka baju berbuah kartu kuning pertamanya dalam pertandingan itu.

Namun hukuman yang diterima Ronaldo ternyata jauh lebih ringan ketimbang sejumlah pemain bintang lainnya. Diantaranya hukuman yang pernah diterima punggawa Barcelona, Luis Suarez dan pemain legendaris Manchester United, Eric Cantona.

Dikutip dari Soccerway, berdasarkan catatan yang ada, Suarez adalah pemain yang pernah mendapat hukuman terberat. Yaitu tiga kali dijatuhi hukuman larangan bermain sebanyak tujuh, delapan, 10 dan empat kali.

Berikut daftar hukuman terberat yang pernah diterima aktor lapangan hijau lantaran perilaku yang kelewat batas.

  1. Eric Cantona (1995)

Mantan kapten Manchester United, Eric Cantona, pernah dijatuhi hukuman larangan bermain selama sembilan bulan oleh FA lantaran aksi tendangan kungfunya terhadap seorang fans Crystal Palace, Matthew Simmons, di Selhurst Park.

  1. Joey Barton (2012)

Pemain Queens Park Ranger, Joey Barton, dihukum larangan 12 kali bertandingan akibat “jurus sikut” yang diperagakan kepada pemain Manchester City, Carlos Tevez. Setelah itu, Barton pun menggila dengan menyambut protes keras dua pemain City lainnya, Sergio Aguero dan Vincent Kompany.

  1. Paolo Di Canio (1998)

Seperti halnya Ronaldo, Di Canio, saat berseragam Sheffield Wednesday, juga mendorong wasit saat menghadapi Arsenal. Aksi Di Canio saat itu menyebabkan wasit Paul Alcock terjerembab ke tanah.

  1. Luis Suarez (2010, 2011, 2013, 2014)

Dari tiga nama di atas, mungkin pemain satu ini yang tidak ada kapoknya. Brutal dan punya kebiasaan menggigit lawan, Suarez berulang kali dijatuhi hukuman.

Gigit Otman Bakkal, Suarez dihukum larangan tujuh pertandingan saat masih berseragam Ajax.

Pindah ke Inggris, Suarez dihukum delapan pertandingan akibat aksi rasisnya kepada pemain MU Patrice Evra di tahun 2011, dan dilarang bermain di 10 pertandingan di tahun 2013 setelah menggigit pemain Chelsea, Branislav Ivanovic.

Korban terakhir Suarez adalah pemain Italia Giorgio Chiellini. Di ajang Piala Dunia 2014, Suarez yang belum kapok kembali melakukan aksi gigitnya di bahu bek Juventus itu. Akibatnya, pemain Uruguay itu pun di larang bermain selama empat bulan.

(suara.com/muh)

Related Posts