Antusias Warga Sungai Jawi Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Animo masyarakat Kota Pontianak untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72 pada Kamis (17/8), sangat tinggi. Terlihat ada beberapa daerah tempat tinggal masyarakat yang menggelar berbagai macam perlombaan.

Salah satunya daerah Sungai Jawi. Kebanyakan masyarakat disana memanfaatkan parit disepanjang daerah tersebut untuk menjadi tempat perlombaan. Tercatat ada tiga lokasi kegiatan, yakni parit depan gang Sebukit, parit depan gang Bukit Raya 2, dan juga parit di kawasan gang Ilham.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini para panitia kembali memperlombakan permainan rakyat seperti lomba lari dalam karung, lomba makan kerupuk, lomba tepuk bantal, dan juga lomba ikonik pada saat 17 Agustus, panjat pinang.

Parit di depan gang Bukit Raya 2 misalnya. Sepanjang jalan dan jembatan dipenuhi masyarakat yang menonton lomba panjat pinang. Hanya saja menurut Panitia lomba setempat, Taufik, tahun ini permainan rakyat yang dilombakan hanya sedikit karena mereka kekurangan dana. Untuk mengadakan lomba tersebut mereka harus mengumpulkan dana secara mandiri dari warga setempat, maupun pengajuan proposal ke DPRD Kota Pontianak.

Meskipun begitu, hal tersebut tak mengurangi antusias peserta yang ingin memeriahkan perayaan tahunan bangsa Indonesia ini. Riky (14) misalnya. Meskipun berkali-kali gagal memanjat pinang, namun ia mengaku senang karena kegiatan ini bisa sekaligus dijadikan hiburan bagi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya.

Lain lagi pelaksanaan lomba di parit yang ada di depan kawasan gang Ilham. Kegiatan disana cukup meriah berkat andil persiapan matang dari para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Peduli Sungai Jawi. Komunitas ini adalah kumpulan para pemuda yang masa kecilnya pernah atau pun masih tinggal di Sungai Jawi.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Jawi, Jafri, mengatakan, mereka membuka berbagai macan perlombaan yang mereka adakan dibuka untuk umum.

“Jadi tidak hanya warga di gang ini saja,” tutur Jafri.

Perayaan dengan perlombaan ini akan mereka laksanakan selama 3 hari terhitung Kamis hingga Minggu dengan minus Jumat. Selain bagi anak-anak dan pemuda, mereka juga menyelanggarakan perlombaan masak bagi ibu-ibu. Puncaknya mereka telah mempersiapkan hadiah menarik pada lomba panjat pinang yang kan dilaksanakan pada hari Minggu nanti.

(Imam/Muh)

Foto : Para peserta lomba panjat pinang yang berada di parit depan gang Bukit Raya 2/Imam

Related Posts