Warga Surakarta Ini Keliling Kota Bawa Bendera Malaysia Terbalik

Surakarta, thetanjungpuratimes.com – Kecaman terhadap Malaysia karena kesalahan cetak gambar bendera Indonesia dalam buku cendera mata acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (19/8) pekan lalu terus ”membanjir”.

Walau pemerintah Malaysia secara resmi sudah meminta maaf dan berjanji mencetak ulang brosur tersebut, warga Indonesia tetap melancarkan aksi sebagai bentuk kecaman terhadap negeri jiran tersebut.

Aksi itu seperti yang dilakukan seorang warga Kota Surakarta, Jawa Tengah ini. Ia berkeliling kota mengedarai mobil pribadi yang dipasangkan bendera kebangsaan Malaysia secara terbalik.

“Mereka sudah menyampaikan permintaan maaf secara resmi. Kemenlu mereka yang menyampaikan pernyataan itu, tapi mengatasnamakan pemerintah Malaysia,” kata Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanantha Nasir dalam konferensi pers, Senin.

Selain meminta maaf, pemerintah Malaysia juga berjanji mencetak ulang brosur SEA Games 2017 untuk mengganti buku panduan yang menjadi pangkal persoalan tersebut.

Ia mengatakan, permohonan maaf dan komitmen untuk mencetak brosur yang benar tersebut dilakukan setelah Menlu Retno Marsudi mengontak Menlu Malaysia Dato Sri Anifah Haji Aman.

Selain itu, Menteri Retno juga mengirimkan nota diplomatik kepada pemerintah Malaysia untuk meminta klarifikasi atas insiden tersebut, Minggu (20/8).

”Respons dari pemerintah Malaysia terbilang cepat. Tidak mudah bagi suatu negara mengeluarkan permohonan maaf,” terangnya.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts