Ratusan Kades Ikuti Sosialisasi ADD dan DD Bersama TP4D Kejari Sambas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala desa yang ada di seluruh kabupaten Sambas mengikuti sosialisasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bersama dengan tim pengawal dan pengaman pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) kejaksaan negeri Sambas terkait penggunaan ADD dan DD oleh desa yang terdapat di kabupaten pada Kamis (24/8) di aula Kejaksaan Negeri Sambas.

Kepala Kejaksaan Negeri Sambas M Kandi mengatakan, sosialisasi TP4D yang dilakukan berdasarkan perintah dari pusat sesuai degan kewenangan kejaksaan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan.

“Sosialisasi yang dilakukan atas instruksi dari Jaksa Agung RI yang dilaksanakan seluruh Indonesia, kita tahu selama ini memang dana desa sangat menjadi perhatian oleh pemerintah pusat khususnya presiden,” ujarnya.

Diungkapkannya, jika TP4D masuk ke daerah, termasuk juga kedesa untuk mengawal pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh desa yang menggunakan dana desa yang bersumber dari APBN.

“Kita masuk mengawal penggunaan dana desa yang ditransfer langsung dari APBN kesetiap desa, jangan sampai penggunaan anggaran tersebut menyimpang sehingga tidak sesuai ketentuan,” terangnya.

Karena itu lanjut M Kandi, kejaksaan diberi wewenang melalui TP4D guna mengawal, mendampingi penggunaan dana tersebut agar tidak terjadi penyimpangan.

“Itu makanya digelar sosialisasi karena berubungan dengan kewenangan TP4D tersebut,” ucapnya.

Poin penting pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan pihaknya adalah akan mengawal penggunaan dana desa yang berasal dari pusat yang masuk kedesa. Ini supaya dana yang dikucurkan tersebut dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat.

“Disitulah peran kejaksaan untuk mendampingi TP4D itu, supaya anggaran tidak dibesarkan melebihi dari keperluan yang seharusnya,” jelasnya.

Selain itu menurut Kandi, agar desaa dapat menyerap dana didesa untuk kemakmuran masyarakat disuatu desa.

Dirinya menyarankan kepada kepala desa yang akan melaksanakan pembangunan, namun tidak mengerti atau takut bermasalah saat akan melaksanakan pembangunan. Agar dapat melakukan konsultasi kepada Kejari Sambas.

“Silakan berkonsultasi kepada kami, kirim surat kepada kami akan kami dampingi. Sejak dari perencanaan hingga selesai akan kita dampingi. Dalam hal ini kami hanya mendampingi, diluar teknis pembangunan. Ini agar, pembangunan dikabupaten Sambas khususnya didesa dapat berjalan dengan baik. Sehingga ketika selesai pelaksanaan pembangun tidak timbul masalah yang tidak diinginkan,” terangnya.

Sementara ketua TP4D Kejaksaan negeri Sambas, Heri mengatakan pihaknya dalam hal ini hanya mengawal pembangunan yang dilaksanakan.

“Kenapa kita kawal, itu agar jangan sampai terjadi ketidak sesuaian dengan apa yang ada di kontrak. Itupun tergantung permintaan dari dinas-dinas,” kata Heri yang juga Kasi Intel Kejari Sambas.

(Gindra/Faisal)

Related Posts