Hari Terakhir Atletik, Sersan Satu TNI AD Ini Sumbang Emas Kelima

Malaysia, thetanjungpuratimes.com – Pelari nasional Atjong Tio menyumbang medali emas kelima untuk tim atletik Indonesia dalam perlombaan nomor lari halang rintang 3.000 meter putra pada hari terakhir cabang atletik SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu (26/8) malam.

“Saya bukan hanya ingin sekedar menang tapi menang dengan catatan waktu yang lebih baik. Catatan waktu saya ini lebih baik dari hasil uji coba sebelumnya,” kata Atjong selepas perlombaan, dikutip dari Antara.

Atlet berusia 25 tahun itu mencatatkan waktu 9 menit 3,94 detik dan diikuti atlet Vietnam, Pham Tien San, yang mendapatkan medali perak dengan waktu 9 menit 6,31 detik.

“Saya berterimakasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya seperti pelatih, komandan, dan teman-teman di kantor. Mereka selalu memberikan semangat dan itu menjadi tenaga baru bagi saya,” kata anggota TNI Angkatan Darat berpangkat sersan satu di Yonif Mekanis 521 Kodam Brawijaya itu.

Atjong mengaku sengaja tidak memimpin perlombaan pada lap pertama untuk mengetahui kekuatan lawan.

“Pada SEA Games 2015, saya hanya mendapatkan medali perunggu karena saya mengalami cedera hamstring sepekan sebelum berangkat. Malam ini, saya menikmati perlombaan saja,” katanya.

Atlet asal Jawa Timur itu mengaku masih ingin memperbaiki rekornya selain ingin tampil di lari maraton.

“Saya juga ingin mencoba turun pada nomor lari maraton,” kata Atjong.

Pada ajang uji coba SEA Games 2017 di Stadion Rawamangun Jakarta Timur, 15 Juli lalu, Atjong meraih waktu 9 menit 9,06 detik.

Sedangkan dalam kejuaraan atletik 2017 di Thailand, Atjong meraih waktu 9 menit 18 detik.

Medali emas yang diraih Atjong adalah medali kelima tim atletik Indonesia setelah medali emas Hendro pada nomor jalan cepat putra 20.000 meter, medali emas Triyaningsih pada nomor lari 10.000 meter putri, medali emas Eki Febri Ekawati pada nomor tolak peluruh putri, dan medali emas Agus Prayogo pada nomor lari 10.000 meter putra.

Tim atletik Indonesia mengumpulkan total lima medali emas, tujuh medali perak, dan tiga medali perunggu.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts