Atasi Hoax, Twitter Janji Lebih Cepat Tanggapi Laporan Pengguna

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Maraknya konten hoax yang terdapat di media sosial, membuat Twitter sebagai salah satu penyedia platform media sosial menjadi resah. Twitter segera melakukan langkah preventif dengan memparbarui sistem pelaporan mereka.

Dalam penjelasan Agung Yudha selaku Public Policy Lead Twitter Indonesia, Twitter telah melakukan beberapa langkah untuk membendung konten negatif di platform mereka.

“Kita perbarui sistem pelaporan dari pengguna. Laporan dari pengguna akan lebih cepat ditanggapi, maksimal 2×24 jam,” ujarnya di seminar bertajuk ‘Menagih Langkah Nyata Industri Telkom dan OTT Hadapi Konten Negatif’ di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Tak hanya dari fitur pelaporan, Twitter juga telah memberlakukan proses verifikasi dua langkah untuk pembuatan akun. Alhasil, proses pembuatan akun baru akan lebih sulit.

“Dengan verifikasi pengguna yang lebih mendalam, jumlah akun-akun bodong bisa ditekan,” jelasnya.

Selain itu, Twitter juga telah mengaplikasikan sistem pencarian aman. Fitur ini membuat pengguna tidak akan dapat mencari konten negatif di Twitter.

Segala fitur anyar tersebut diharapkan dapat membendung penyebaran konten bermuatan kebencian di Twitter.

Ia sendiri mengklaim bahwa perusahaanya telah melakukan suspend terhadap 1 juta akun yang ditenggarai kerap menyebarkan konten negatif.

“Kami mengharapkan lebih banyak peran dari masyarakat dan pemerintah untuk melaporkan akun-akun negatif. Kami tidak bisa bekerja sendiri,” tutup dia.

(suara.com/muh)

Related Posts