Usia 104 Tahun, Jemaah Haji Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Saudi

Thetanjungpuratimes.com – Mariah Marghani Muhammad, jemaah calon haji asal Indonesia, didaulat sebagai jemaah tertua sedunia  dalam musim haji 2017.

Mariah, seperti diberitakan Gulfnews, Selasa (29/8), tercatat dalam otoritas penyelenggara haji Arab Saudi sebagai jemaah berusia 104 tahun.

Karenanya, Mariah kekinian menjadi tamu kehormatan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi, dan mendapat kemudahan dalam menunaikan haji.

“Mariah masuk dalam daftar jemaah yang mendapat perhatian khusus dan istimewa dari kami, selama ia berada di sini,” kata Menteri Kebudayaan dan Informasi Saudi Awad Bin SAleh Al Awad, seperti dikutip Gulfnews dari Saudi Press Agency (SPA).

Setelah masuk daftar tamu kehormatan tersebut, kementerian menerjunkan tim khusus yang selalu menyertai Mariah selama berhaji. Ia juga hendak dipindah ke penginapan yang lebih nyaman, serta fasilitas lainnya.

Awad menuturkan, Mariah  awalnya menolak seluruh kemewahan yang diberikan kementerian tersebut. Mariah menegaskan ingin tinggal bersama sepasang suami-istri yang merupakan tetangga sekaligus anggota rombongannya.

Ia mengungkapkan, Mariah beralasan pasutri itu sudah menganggap dirinya sebagai ibu sendiri sehingga selalu membantu dalam segala hal. Karenanya, ia enggan meninggalkan rombongannya tersebut.

“Karenanya, kami juga memasukkan suami istri itu dalam daftar tamu kehormatan, sehingga tetap bisa berdekatan dengan ibu Mariah,” terang Awad.

Mariah tiba di Jeddah, Saudi, akhir pekan lalu. Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Mohammad Hery Saripudin, mengatakan Mariah diberangkatkan karena lolos cek kesehatan untuk menunaikan haji.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts