Jalan Poros Dusun Sabang Terancam Longsor

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Jalan poros yang berada di Dusun Sabang, Desa Nanga Kalis, kecamatan Kalis terancam longsor akibat terkena abrasi sungai Manday. Badan jalan tersebut hapir terputus akibat abrasi, serta ada sebagian rumah warga disekitar tebing sungai yang terancam ambruk.

“Jalannya sudah retak dan rawan longsor, ada juga yang sudah dekat rumah warga,” kata Edong, ketua RT 01 dusun Sabang, desa Nanga Kalis ditemui di lokasi, Rabu (5/9).

Menurut Edong, sudah ada pemasangan cerucuk untuk mencegah longsornya tebing, namun cerucuk tersebut sudah rapuh, sehingga tidak kuat menahan beban tanah. Apabila terus saja terjadi hujan tanah yang abrasi bisa jadi longsor.

“Kami minta penanganan secepatnya dari Pemerintah Kapuas Hulu,” ucapnya.

Perangkat desa Nanga Kalis, Hermansyah, mengatakan masyarakat yang melintasi jalan Dusun Sabang harus berhati-hati. Sebab bila salah posisi bisa terprosok ke sungai. Dusun Sabang memiliki jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 60 KK, hampirs semuanya melintas di jalan rawan longsor tersebut setiap harinya.

“Untuk penangan jalan itu pihak desa sudah tidak bisa lagi, karena penyusunan APBDes sudah lewat, sehingga tidak bisa dianggarkan. Dari itu kami berharap ada campur tangan pemkab Kapuas Hulu,” ujarnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts