Midji dan Edi Ajak Umat Islam Memasyarakatkan Salam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, dan Wakilnya, Edi Rusdi Kamtono, melepas secara langsung peserta Pawai Taaruf menyambut datangnya 1 Muharam 1439 Hijriah di kawasan Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kamis (21/9).

Dalam perayaan tahun ini, Sutarmidji mengajak seluruh umat Islam yang ada di Kota Pontianak untuk memasyarakatkan salam.

“Alhamdulillah tahun ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya dan saya mengajak kepada seluruh umat Islam untuk lebih memasyarakatkan salam,” kata Sutarmdiji.

Menurutnya, dengan memasyarakatkan salam pada sesama umat Islam setiap kali bertemu akan dapat menghindarkan mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi salam itu sendiri memiliki makna yang menyejukkan.

“Itu kunci untuk mempererat tali persatuan umat,” lanjutnya.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak ini juga menginginkan kedepannya kegiatan ini bisa menjadi lebih meriah dengan mengikutsertakan peserta yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat.

“Sekarang kan lebih banyak pelajarnya, kedepan masyarakatnya yang kita ajak, juga komunitas-komunitas tertentu,” ujar Midji.

Senada dengan Midji, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan, jika kegiatan pawai taaruf ini adalah kegiatan yang inspiratif dan sangat memberikan inovasi kepada para pelajar untuk memanfaatkan hari libur dengan beraktifitas dan bersilaturahmi.

Selain itu, kegiatan ini juga lebih menyehatkan karena para peserta melakukan pawai dengan berjalan kaki.

“Ini kan gerak jalan juga, gerak olahraga, jadi sehat,” kata Edi.

Namun, lanjut Edi, yang lebih penting dari momentum peringatan 1 Muharam ini adalah para pelajar tersebut bisa memahami tentang ajaran agama Islam yang benar. Momentum ini juga dapat menjadi batu loncatan untuk masyarakat Kota Pontianak bergerak menuju kearah kebaikan.

“Jadi selain sisi religi, kita juga isi kegiatan ini dengan perencanaan bagaimana Pontianak kedepan, dan mereka (pelajar, red) juga kita ajak supaya nantinya bisa menjadi generasi andalan Kota Pontianak,” imbuhnya.

Mengenai upaya pemerintah yang mengusung tema memasyarakatkan salam pada umat Islam yang ada di Kota Pontianak, Edi mengatakan, itu adalah suatu hal yang positif. Pria yang juga pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak ini menjelaskan, salam tersebut merupakan ciri khas dari umat Islam dan itu memang harus diajarkan kepada generasi muda seperti para pelajar ini.

(Imam/Muh)

Related Posts