KUA-PPAS Pontianak 2018 Fokuskan Pembebasan Lahan Jembatan Landak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menghadiri rapat paripurna bersama DPRD Kota Pontianak dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2018 di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Jumat (22/9).

Sutarmidji mengatakan, fokus penggunaan anggaran tersebut di tahun depan adalah lebih banyak digunakan untuk menunjang percepatan pembangunan jembatan landak yang sudah dimulai pada tahun ini.

Meskipun kewenangan pembangunan Jembatan tersebut ada di pusat, namun pembebasan lahannya ada pada Pemerintah Kota Pontianak. Selain itu dirinya juga merencanakan pembuatan bundaran di kecamatan Pontianak Utara.

“Setelah itu kita ingin menyelesaikan satu booster PDAM lagi di Pontianak Utara juga. Kalau yang lainnya ada pembangunan beberapa sekolah SMP yaitu SMP 2. Kemudian menyelesaikan pembangunan jalan paralel yang ada di pal lima, Sungai Raya Dalam dan Sungai Jawi, itu prioritas. Kalau yang lainnya saya rasa yang menunjang hanya pembangunan waterfront saja,” kata Midji.

Mengenai pembebasan lahan di sekitar jembatan landak, bakal calon Gubernur Kalbar ini menuturkan bahwa hal tersebut sedang dilakukan penilaian oleh tim apprasial.

“Mungkin minggu-minggu ini udah selesai dan kita mulai dengan pembayaran-pembayaran nanti, kalau ada yang sepakat (harga, red) kita bayar,” lanjutnya.

Lebih jauh ia menyebutkan ada 73 ruas ruko, dan beberapa tanah kosong yang akan dibebaskan dimulai dari tahun ini hingga tahun depan.

Terkait dengan besaran nilai yang akan diberikan kepada pemilik lahan tersebut, ia menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada tim penilai independen yang memang punya kapasitas untuk itu.

“Jadi bukan kita yang nentukan nanti ada tim penilai,” pungkasnya.

(Imam/Faisal)

Related Posts