Rektor Untan : Benahi Program Studi Berdasarkan Peta Kelebihan dan Kelemahan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof Dr H Thamrin Usman DEA, mengatakan, salah satu strategi Untan untuk melakukan percepatan perubahan akreditasi Institusinya menjadi A adalah dengan memperbaiki akreditasi Program Studi (Prodi) yang ada.

Menurutnya, hal tersebut saat ini menjadi fokus utama dalam upaya perubahan akreditasi Untan karena masing-masing prodi memiliki karakteristik tersendiri dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

“Program studi yang satu SDM nya sudah terpenuhi, tapi yang lainnya ada yang masih belum. Ada prodi yang standar prosesnya sudah oke, tergambarkan dengan alumninya yang siap menangkap peluang pasar, ada juga yang belum,” kata Rektor.

Namun diakui Rektor, Untan telah melakukan pemetaan lebih lanjut terhadap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing prodi tersebut. Berangkat dari hal tersebutlah diberlakukan pendampingan mutu untuk memperkuat kelebihan yang ada serta memperbaiki kelemahannya.

Dirinya mengungkapkan, keberhasilan itulah yang nantinya akan memperbaiki akreditasi prodi sehingga menimbulkan reaksi berantai yang akan berakibat pada meningkatnya akreditasi Institusi.

“Modalnya adalah kita saat ini sudah punya peta kekuatan dan kelemahan dari setiap program studi, sehingga akan memudahkan kita melangkah dalam rangka melakukan perbaikan,” pungkas Rektor.

(Imam/Muh)

Related Posts