Diusung Golkar, Midji-Norsan Kantongi 18 Kursi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Sutarmidji berpasangan dengan Ria Norsan dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018 mendatang.

Saat dikonfirmasi di kediamannya pada Sabtu (7/10), Wali Kota Pontianak ini membenarkan hal tersebut. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Midji sudah mengantongi sembilan kursi dari Nasdem, PKB, PKS. Dengan bergabungnya Ria Norsan yang juga mengantongi jumlah kursi yang sama, maka saat ini bakal pasangan tersebut sudah memiliki 18 kursi.

Jumlah ini sudah melebihi syarat minimum untuk mendaftarkan diri di Pemilihan Gubernur yang mengharuskan pasangan calon memiliki 13 kursi. Namun hal ini belum dideklarasikan. Meski sudah mendapatkan 18 kursi, Midji dengan tangan terbuka siap menerima apabila ada partai lain lagi yang masih ingin bergabung.

Dirinya juga menganggap secara pribadi keputusan berpasangan dengan Ria Norsan ini sudah final.

“Kalau saya sih anggap sudah final, karena memang saya lihat hasil survey di 6 lembaga survey yang terdaftar di KPU memang menempatkan Saya, Karol, dan Norsan (secara berurutan, red) nomor satu, dua, dan tiga. Karena bu Karol mau maju, saya pilihan ke Norsan untuk ajak koalisi,” katanya.

Midji, menjelaskan hal ini didasarkan pada rasio survey dimana dirinya mencari kandidat dengan urutan elektabilitas tertinggi. Jika saat itu Norsan juga ingin maju sebagai Gubernur, mungkin ia akan mengupayakan koalisi pada kandidiat yang elektabilitasnya berada di peringkat keempat.

Selain itu, pertimbangan ini juga ia ambil karena adanya kesamaan visi dan misi yang ingin dicapai antara ia dan Norsan. Karena itu ia meminta hal ini jangan dikaitkan dengan persoalan etnis dan lain sebagainya.

“Karena kita kan memimpin berdasarkan aturan-aturan ketatanegaraan, jadi ndak ada yang perlu dipermasalahkan soal etnis dan yang lainnya, ndak usah, ndak perlu itu,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

Related Posts