KPK Periksa Kurir Pengantar Uang Korupsi e-KTP

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa kurir pengantar uang proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik Tahun 2011-2012 Yosef Sumartono, Selasa (10/10).

Mantan staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kementerain Dalam Negeri tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudiharjo.

“Selain Yosef, KPK juga memeriksa Sugiharto sebagai saksi untuk ASS,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Dalam surat dakwaan terdakwa Irman dan Sugiharto, Yosef disebut sebagai salah satu pegawai Ditjen Dukcapil yang menjadi kurir kedua terdakwa untuk mengambil uang dari para pengusaha. Uang tersebut kemudian sebagiannya diserahkan kepada sejumlah anggota DPR.

Peran Yosef ini diakui oleb Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo yang sudah menjadi tersangka. Dalam hal ini PT Quadra merupakan salah satu anggota konsorsium pelaksana proyek senilai Rp5,9 triliun.

Pernyataan Anang itu dipertegas dalam persidangan yang mengaku pernah memberikan uang 200 ribu dolar AS kepada Sugiharto. Uang tersebut diserahkannya melalui Yosef Sumartono.

Dan menurut Sugiharto, uang tersebut untuk diserahkan kepada Miryam S Haryani. Uang 200 ribu dolar AS tersebut untuk melengkapi permintaan Miryam senilai 500 ribu dolar AS.

Kini, Miryam juga sudah menjadi tersangka dalam kasus dugaan memberikan keterangan tidak benar di depan persidangan terdakwa Irman dan Sugiharto. Irman dan Sugiharto adalah terdakwa yang saat ini perkaranya telah diputuakan oleh majelis hakim tindak pidana korupsi.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts