70 Pengamat Internasional Awasi Transparansi Pemilu Venezuela

Thetanjungpuratimes.com – Direktur Dewan Pemilihan Umum Nasional Venezuela (CNE) Socorro Hernandez pada Sabtu (14/10) waktu setempat, mengumumkan satu kelompok sebanyak 70 pengamat internasional dijadwalkan mengawasi pemilihan regional pada Minggu (15/10) waktu setempat.

Ketika berbicara kepada stasiun media milik negara Venecolana de Television, Hernandez mengatakan anggota Dewan Ahli Pemilihan Umum Amerika Latin (CEELA) telah diundang oleh CNE.

Para pengamat itu akan menyerahkan laporan teknis kepada pemerintah setelah memeriksa landasan teknologi CNE.

Nicanor Moscoso, Presiden CEELA, menambahkan sedikitnya 12 pemeriksaan akan dilakukan dan menjamin proses pemilihan umum tersebut akan “transparan”.

Menurut Moscoso, anggota masing-masing partai politik direncanakan ikut dalam pemeriksaan tersebut, dan mereka juga akan menandatangani satu dokumen yang berisi kepercayaan mereka pada sistem itu.

“Kami puas, yakin bahwa besok (Minggu), proses pemilihan akan berlangsung dengan transparansi mutlak. Hasilnya akan menjadi hasil yang benar,” kata Presiden CEELA tersebut.

Pada Minggu, lebih dari 18 juta warga negara Venezuela diundang untuk memberi suara mereka guna memilih dari 197 calon yang bersaing memperebutkan 23 kursi gubernur.

(Ant/Suara.com/Faisal)

Related Posts