110 Desa di Kapuas Hulu Bakal Pilkades di 2018

Pilkades Melawi Kalbar
Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 110 desa di kabupaten Kapuas Hulu akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak di tahun 2018. Keseluruhan desa tersebut berasal dari 22 kecamatan.
“Pilkades serentak ini dari 23 kecamatan di Kapuas Hulu, hanya ada 22 kecamatan yang terlibat. Kecamatan Empanang tidak ada yang pilkades,” kata Muhtarudin, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (18/10)

Muhtarudin menuturkan, sebetulnya ada dua desa yang tidak ikut Pilkades tahun depan. Namun karena orang yang menjadi kadesnya meninggal jadi harus ikut Pilkades.

“Kades yang meninggal ini kades Bika Hulu kecamatan Bika dan kades Tanjung Intan kecamatan Mentebah. Ada yang tinggal 2 tahun sisa jabatan dan ada yang 1 tahun,” paparnya.

Terkait tata cara Pilkades nantinya kata, kata Muhtarudin masih tetap sama dengan kemarin. Hanya saja dari aturan tentang domisili sudah dibatalkan.

“Kalau dulu calon kades harus satu tahun bertempat desa pendaftaran. Tapi sekarang dari MK menetapkan, asal penduduk setempat boleh nyalon,” paparnya.

Terkait domisili itu, kata Muhtarudin, memang dilakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi terhadap Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, tepatnya di pasal 33 huruf G dan pasal 50 ayat 1 huruf C.

“Hasilnya MK mencabut dua pasal itu dan Calon kades serta perangkat desa tidak harus orang yang berdomisili di desa setempat selama satu tahun,” paparnya.

Untuk Calon Kades, kata Muhtarudin dalam satu desa paling banyak 5 orang.

“Kalau lebih dari lima harus diuji seleksi administrasi dan tertulis, itu tim pemda yang lakukan. Jadi tetap dikerucutkan jadi 5,” ujarnya.

Berkaitan dengan tanggal Pilkades serentak 2018, Muhtarudin tidak memberikan tanggal pasti.

“Waktu belum ditetapkan pelaksanaannya pun kita masih lihat dana nantinya, ” tuntas Muhtarudin.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts