Wajah Bengkak Usai Operasi Plastik Ternyata Normal

Thetanjungpuratimes.com – Media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya foto tiga orang perempuan asal Cina yang tampil dengan wajah bengkak di sebuah terminal keberangkatan bandara Korea Selatan.

Dari penampilan ketiganya yang masih terbalut perban, warganet banyak yang menduga mereka baru saja menjalani operasi plastik. Bukan rahasia lagi, Korea Selatan dikenal dengan industri pariwisata medisnya yang sedang booming, dengan operasi plastik yang paling berhasil dijalani di Negara Ginseng tersebut.

Disampaikan dr Puri Ambar Lestari, SpBP-RE, spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari Bamed Plastic Surgery, wajah yang bengkak usai menjalani operasi plastik merupakan kondisi wajar. Biasanya kondisi ini akan mereda dalam beberapa hari kemudian, dan tak perlu dikhawatirkan.

“Kalau habis operasi biasanya pasien akan bengkak, tapi belum tentu memar. Tapi itu proses normal dalam operasi apapun. Bengkak akan mereda satu minggu kemudian,” ujar dia dalam temu media di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Efek ini, tambah dr Puri, sebenarnya akan diinformasikan kepada pasien sebelum memutuskan menjalani operasi plastik. Itu sebabnya, pasien yang akan menjalani operasi plastik biasanya diimbau untuk cuti atau memiliki waktu libur beberapa hari setelah tindakan untuk proses pemulihan.

“Saat konsultasi, dokter ahli bedah plastik dan pasien akan mendiskusikan tujuan, dan harapan pasien. Kami juga akan menanyakan riwayat operasi terdahulu maupun penyakit diderita oleh pasien. Hal ini penting karena berpengaruh terhadap waktu operasi, dan pemulihan,” tandasnya.

(suara.com/muh)

Related Posts