Menlu Panggil Wakil Dubes AS Bahas Penolakan Penglima Masuk AS

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memanggil Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Elizabeth Mckee, Senin (23/10/2017).

Retno memanggil Wakil Dubes AS ke kantor Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta untuk mengonfirmasi penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memasuki wilayah Amerika.

“Tadi pagi saya sudah meminta Dubes AS yang ada di Jakarta untuk bertemu saya di kantor Kementerian Luar Negeri pukul 07.45 Wib,” kata Retno LP Marsudi di komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Retno memanggil Wakil Dubes AS karena Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan sedang tidak berada di Jakarta. Namun dia telah mengonfirmasi persoalan itu kepada Donovan melalui sambungan telpon Minggu kemarin.

“Kenapa Wakil Dubes, karena Dubesnya saat ini sedang tidak ada di Jakarta. Jadi saya tidak mau menunggu ada sense of urgency pesan yang harus kita sampaikan. Oleh karena itu saya memanggil Wakil Dubesnya, sementara kemarin saya juga sudah melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Dubes AS mengenai isu ini,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta rombongan ditolak masuk Amerika Serikat pada Sabtu (21/10/2017). Saat itu Gatot ingin bertolak ke Washington DC.

Gatot dan istrinya mendapat undangan dari Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph F Durford, Jr. Dia akan menghadiri acara Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations ( VEOs) ada 23-24 Oktober 2017.

Penolakan itu diketahui saat Gatot ingin berangkat. Namun US Custom and Border Protection mengabarkan jika Gatot dan istinya tidak boleh masuk wilayah AS.

(suara.com/muh)

Related Posts