Sutarmidji Wacanakan Kota Baru Pontianak dengan Wajah Sungai Kapuas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, mewacanakan pembangunan Kota Pontianak sebagai Kota baru dengan sungai kapuas sebagai wajahnya. Dirinya menerangkan yang dimaksud dengan kota baru adalah Pemerintah akan menata beberapa hal yang ada di Kota Pontianak agar kembali ke bentuk awalnya semula.

Selain itu, beberapa bangunan yang ada di Kota Pontianak yang wujudnya masih menyerupai bentuk asalnya sejak pertama kalo dibangun akan tetap dipertahankan. Kalaupun ada perubahan hal itu hanya dilakukan semata-mata untuk memperkokohnya saja.

“Keraton dan masjid jami itu tetap di restorasi, tapi dalam artian tidak mengubah sedikitpun tampilan awal, karakter awalnya tidak dirubah, tapi akan diperkuat dan dibuat bagus,” kata Sutarmidji pada Senin (23/10).

Salah satu lokasi yang ingin tetap dijaga keasliannya namun tetap diperkokoh adalah daerah beting. Selama ini, banyak kekhawatiran ketika meluncurkan wacana untuk melakukan penataan daerah disana.

Namun kenyataannya berkata lain, penataan daerah beting bahkan tak menemui sedikitpun kendala yang berarti karena mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat yang tinggal disana.

“Tempat lain yang kita perkirakan itu tidak ada kendala, malah ada kendala. Beting yang awalnya diperkirakan banyak kendala malah tidak ada kendala sama sekali,” ujarnya.

Midji menilai hal ini menunjukkan bahwa edukasi aparat baik itu ditingkat kecamatan, kelurahan, maupun kota terhadap masyarakat disana berhasil dengan baik. Dirinya juga berharap kawasan beting imagenya bisa dirubah menjadi kawasan wisata rumah diatas air seperti yang ada di negara tetangga.

“Di Brunei kan terkenal dengan itu, kalau beting itu ditata, nantinya akan lebih bagus dari Brunei, coba saja lihat nanti,” pungkasnya.

(Imam/Faisal)

Related Posts