Ingin Gigi Lebih Sehat, Makan Salami dan Keju

Thetanjungpuratimes.com – Salami tidak hanya dikenal sebagai makanan sehat. Daging asap yang satu ini bersama mentega dan keju lunak juga bagus untuk kebersihan mulut kita.

Menurut dokter gigi Dr Steven Lin, nutrisi gigi yang baik lebih penting daripada pasta gigi. Dia mengatakan, gigi adalah organ tubuh yang hidup dan memerlukan nutrisi tepat untuk menumbuhkan dan memertahankan kadar enamel dan dentin yang sehat. Dr Steven dalam situsnya mengatakan, tanpa nutrisi yang tepat, gigi Anda akan berjuang untuk tetap utuh.

“Saya tidak dapat cukup menekankan hal ini, Anda harus mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral yang tepat sehingga gigi Anda dapat terus beregenerasi sepanjang hidupmu,” ungkapnya.

“Vitamin, mineral, dan enzim menemukan jalan mereka ke lapisan luar gigi Anda dari pulpa bagian dalam melalui dentin di rute kecil yang disebut, tubulus dentin. Bila Anda memiliki cukup vitamin dan mineral, gigi Anda mendapat regenerasi alami dan tetap kuat dan sehat. Namun, bila Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, bakteri dan asam di mulut Anda mulai mengatasi proses penyembuhan dan mengurangi gigi Anda lebih cepat daripada yang bisa di regenerasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bukan hanya gula yang menyebabkan gigi berlubang. Ternyata, kondisi kekurangan nutrisi penguatan gigi bisa membuat kondisi itu menimpa Anda.

“Gigi Anda tidak secepat penyembuhan secara alami seperti organ lembut, seperti kulit dan hati Anda. Proses penyembuhan yang lambat ini berarti bahwa begitu Anda mulai menyusuri jalan menuju kehilangan enamel gigi, jauh lebih sulit untuk berhenti dan membalikkan kondisi tersebut,” imbuhnya.

Jadi, apa yang dia sarankan ? Dr Steven Lin mengimbau, untuk memperbaiki kesehatan gigi, Anda memerlukan banyak vitamin A, D, K2 dan E yang larut dalam lemak. Semua vitamin ini hilang dari makanan paling modern dalam proporsi epidemi.

Lantas, makanan apa yang bisa meningkatkan kesehatan gigi ?

Keju, telur, mentega, salami yang mengandung vitamin K2 (kalsium) sangat penting untuk kesehatan. Tulang kuat tapi tanpa vitamin K2, bisa membuat kondisinya berakhir di tempat yang salah.

“Vitamin K2 seperti polisi lalu lintas untuk kalsium Anda, mengatakan di mana dan kapan harus pergi. Dan jika Anda kekurangan vitamin K2, kalsium Anda akan berakhir di arteri dan ginjal Anda, bukan membantu membangun kembali gigi Anda. Ini adalah vitamin utama dalam hubungan gigi-jantung. Bayam, brokoli, kacang, dan vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan yang membantu menjaga mikrobiom mulut tetap sehat dan menjaga bakteri tetap ada. Jamur, minyak ikan, yang mengandung vitamin D. Vitamin D salah satu vitamin terpenting untuk gigi Anda, karena bertanggungjawab untuk menjaga tulang tetap kuat,” ujar Dr Steven.

“Dalam tinjauan uji klinis selama 24 jam, memeriksa hubungan antara vitamin D dan kerusakan gigi menemukan bahwa vitamin D mengurangi rongga gigi. Juga, sebenarnya ada sedikit sistem kekebalan dalam gigi Anda, yang disebut odontoblasts yang membutuhkan vitamin D untuk diaktifkan. Odontoblas adalah sel-sel gigi yang menghasilkan dentin dan sangat penting untuk regenerasi gigi,” lanjutnya.

Untuk itu, Dr Steven merekomendasikan Anda mendapatkan setidaknya 2.000 IU vitamin D sehari yakni setara dengan 20 menit di bawah sinar matahari. Anda juga bisa menggunakan semprotan vitamin D yang berguna di musim dingin. Hati, susu, telur, dan vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk produksi air liur yang melindungi gigi dari bakteri berbahaya.

(Metro/suara.com/muh)

Related Posts