KBM FISIP Untan Pinta Jokowi Perhatikan Kalbar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar aksi di bundaran Digulis, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun, mereka meminta Jokowi untuk lebih memperhatikan kesejahteraan Kalimantan Barat.

“Aksi ini bertujuan mendorong isu daerah untuk menjadi isu nasional, salah satunya masalah komitmen pemerintah untuk lebih memperhatikan Kalimantan Barat di mata pusat,” kata Perwakilan KBM Fisip Untan, Adi Afrianto, pada Sabtu (28/10) sore.

Adi menuturkan, KBM Fisip Untan melihat kunjungan beberapa kali Jokowi ke Kalimantan Barat, kurang membawa dampak maksimal.

“Oleh karena itu, kami dari Keluarga Besar Mahasiswa FISIP Untan memang meminta komitmen pemerintah Jokowi-JK yang sudah berjalan tiga tahun untuk lebih memperhatikan Kalimantan Barat di mata pusat,” tuturnya.

Kemudian, menurutnya, yang perlu diperhatikan oleh pemerintah pusat, ialah sistem pendidikan saat ini, masalah Uang Kuliah Tunggal (UKT) menjadi problem bersama mahasiswa, setiap tahun dan setiap semester, problem UKT ini menjadi momok bagi mahasiswa.

“Kita juga memahami kondisi objektif dari segi ekonomi masyarakat di Kalimantan Barat, yang juga menjadi masalah. Pendidikan merupakan hak semua rakyat Indonesia, apabila biaya pendidikan menjadi beban bagi masyarakat, apa gunanya ada slogan pendidikan untuk rakyat, kalau terbentur dengan masalah ekonomi,” ucapnya.

“Kemudian dari segi kesehatan, di daerah pedalaman sangat minim perhatian dan tenaga medis, pemerintah dengan program BPJS, namun tidak berjalan maksimal untuk masyarakat, serta banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh pemerintah pusat terhadap kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat,” pungkasnya.

(Sukardi/Muh)

Related Posts