Peringati Hari Sumpah Pemuda, Untan Tingkatkan Rasa Nasionalisme dan Deklarasikan Tolak Radikalisme

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Civitas Akademika Universitas Tanjungpura (Untan) memenuhi halaman Rektorat Untan pada Sabtu (28/10) pagi untuk melaksanakan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda.

Tahun ini, peristiwa yang menjadi cikal bakal proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut telah memasuki usia yang ke-89 tahun. Dalam upacara tersebut Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA turun langsung untuk bertindak sebagai Pembina upacara.

Rektor berharap, peringatan ini dapat semakin menyemangati para pemuda agar menjaga deklarasi atau pun pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia di tahun 1928.

“Kita sudah mendeklarasikan satu bangsa, satu negara, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Itu sudah harga mati,” kata Rektor.

Sekarang yang perlu diperhatikan oleh para pemuda adalah bagaimana mereka bisa bersatu dalam perbedaan serta mempertahankan kesatuan bangsa, negara dan bahasa. Apalagi seperti yang diketahui bersama, banyaknya konflik yang terjadi di bangsa ini karena memgutamakan ego kepentingannya masing-masing.

Belum lagi gaung para pemuda di masa sekarang ini kurang terdengar dan minim perannya mengkritisi melihat keadaan yang terjadi di Indonesia. Karenaa itu Rektor mengimbau kepada para pemuda, khususnya Civitas Untan agar meningkatkan rasa nasionalismenya.

Jika para pemuda dan pemudi Indonesia tidak menyadari atau memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa serta negaranya, maka akan datang masanya bangsa ini kehilangan banyak hal yang penting bagi kemajuan dirinya dan negara.

“Oleh sebab itu pupuk dan terus tumbuh kembangkan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa negara dan bahasa Indonesia,” tukasnya.

Sebelum menutup upacara, Civitas Akademika Untan secara bersama-sama membacakan deklarasi aksi kebangsaan melawan radikalisme dengan meneriakkan tolak paham radikalisme, anti Pancasila, dan intoleransi.

(Imam/Muh)

Related Posts