PN Putussibau Adakan Simulasi Pengamanan Sidang Konflik Pemilu

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pengadilan Negeri (PN)  Putussibau mengadakan simulasi pengamanan jika terjadi keributan saat proses peradilan. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama pihak Polres Kapuas Hulu, di Kantor PN Putussibau.

Ketua PN Putussibau, Saputro Handoyo, mengatakan pelaksanaan kegiatan itu karena sudah ada program dari Mahkamah Agung terkait simulasi huruhara. Sebab itu simulasi tersebut diadakan di PN Putussibau.

“Tujuannya untuk mengantisipasi ketika ada Chaos (keributan) dalam proses persidangan,” ujarnya, Minggu (29/10).

Apalagi kata Saputro, beberapa tahun kedepan Kapuas Hulu bakal menghadapi momen politik seperti Pemilihan Presiden, Kepala Daerah hingga pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah nantinya.

Pada proses pemilu tersebut, didalamnya bisa saja terdapat juga perkara tertentu yang bisa masuk ke PN Putussibau dan punya kerawanan tinggi.

“Jadi kami adakan antisipasi terjadinya kekacauan, saat sidang atau pelaksanakan tugas kami,” ucapnya.

“>Memang kata Saputro, pernah ada keajadian belasan tahun lalu di PN Putussibau (pembunuhan terdakwa), dan kala itu belum diadakan simulasi pengamanan, dan sosialisasi keadaan bahaya di PN Putussibau sehingga kejadian itu tidak terantisipasi.

“Kami harapkan dari simulasi yang sudah diadakan tadi dari internal kami di putussibau bisa melakukan upaya preventif (pencegahan) ketika ada kejadian, sementara sambil menunggu pihak keamanan,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts