Enam Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Thetanjungpuratimes.com – Sebagian orang menganggap mandi air hangat lebih baik bagi kesehatan. Pasalnya, diyakini dapat melancarkan peredaran darah. Namun, kini peneliti juga menemukan manfaat mandi air dingin bagi kesehatan.

Menurut penelitian, rutin mandi air dingin selama 30 hari bisa menurunkan risiko jatuh sakit untuk para karyawan. Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 3.000 responden yang dibagi dalam empat kelompok.

Kelompok pertama mandi dengan air normal, kelompok kedua mandi air dingin selama 30 detik, kelompok ketiga mandi air dingin 60 detik, dan kelompok keempat mandi air dingin selama 90 detik.

Peneliti menemukan, mereka yang mandi air dingin merasakan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Menurut peneliti, paparan air dingin dalam periode waktu tertentu dapat melepaskan beta endorfin yang membuat penanganan rasa sakit menjadi lebih mudah.

Berikut, beberapa manfaat mandi air dingin, seperti dilansir dari Boldsky :

  1. Meningkatkan peredaran darah

Mandi air dingin membantu memperbaiki sirkulasi darah. Bila ada sirkulasi darah Anda baik maka hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Pemulihan lebih cepat

Setelah bekerja, otot dan sendi Anda mungkin terasa lelah. Mandi dengan air dingin benar-benar membantu meregangkan otot dan sendi yang kaku. Hal ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga mempercepat waktu pemulihan dari pekerjaan yang berat.

  1. Meredakan depresi

Mandi air dingin membantu menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber utama noradrenalin, zat kimia yang membantu mengurangi depresi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya pancuran air dingin pada tubuh dapat meningkatkan jumlah virus yang melawan sel darah putih dan kondisi ini dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan kesuburan

Mandi air dingin diyakini dapat meningkatkan jumlah sperma pada lelaki menurut sejumlah penelitian. Karena jumlah sperma pada lelaki meningkat, hal ini juga menyebabkan peningkatan kesuburan.

  1. Menambah energi

Mandi air dingin setelah pulang kerja bisa menggantikan energi yang terkuras seharian. Meskipun tidak ada bukti spesifik, namun pada praktiknya, terbukti bahwa mandi air dingin dapat menyebabkan aliran darah mengalir melalui tubuh Anda dan membantu meningkatkan energinya.

(Boldsky/suara.com/muh)

Related Posts