Jangan Bersihkan Enam Benda Ini dengan Cuka

Thetanjungpuratimes.com – Jika Anda penggemar berat cuka, salah satu bahan kimia ini dapat mengangkat noda, membantu proses binatu, membersihkan jendela, memiliki harga yang murah serta kandungan alami.

Cuka juga asam, yang berarti Anda tidak bisa menggunakannya di mana saja. Namun, ada beberapa benda yang tidak bisa diaplikasikan dengan cuka.

Berikut, benda-benda yang tidak boleh dibersihkan dengan cuka, seperti dilansir dari Delish :

  1. Permukaan dari granit dan marmer

“Asam dalam cuka bisa mengetsa batu alam,” kata Carolyn Forte, direktur laboratorium Produk Rumah Tangga dan Pembersih di Good Housekeeping Research Institute. Gunakan deterjen cair ringan dan air hangat sebagai gantinya.

  1. Tangga dengan lantai batu alam

Batu alam di tangga atau kamar mandi Anda tidak bisa terpapar pembersih asam, seperti cuka dan lemon. Hindari amonia juga, dan tetap bersihkan dengan sabun batu khusus, atau deterjen dan air.

  1. Membersihkan noda telur

Jika Anda menjatuhkan telur di lantai (atau mendapati rumah atau mobil Anda telah jadi korban kenakalan remaja), jangan sampai memakai cuka untuk membantu membersihkannya. Sama seperti saat Anda merebus telur, keasaman bisa menyebabkannya membeku, membuat noda telur lebih sulit dihilangkan.

  1. Besi

“Cuka bisa merusak bagian dalam besi. Jadi, jangan menuangkannya untuk menyegarkan dan membersihkannya. Untuk mencegah penyumbatan dari besi, kosongkan sepenuhnya setelah digunakan, dan ikuti petunjuk pembersihan sesuai pabriknya,” kata Forte.

  1. Lantai kayu

Beberapa pemilik rumah menemukan, cuka menjadi solusi membersihkan kayu yang ditata dengan indah, namun ada juga yang melaporkan kerusakannya akan selesai. Sebaiknya gunakan pembersih yang diformulasikan secara khusus untuk kayu keras (Bona). Tapi jika Anda ingin mencoba cuka, encerkan dengan air dan ujilah di tempat yang tidak mencolok sebelum Anda memakainya di seluruh ruangan.

  1. Noda khusus

Noda di spons, noda rumput, tinta, es krim, dan darah tidak akan bisa dihilangkan dengan cuka. Noda-noda tersebut cenderung mengatur kain dengan cepat atau hanya tidak bereaksi terhadap asam. Jadi, periksalah dengan penghilang noda prewash seperti Shout Advanced Gel, dan cuci dengan deterjen yang mengandung enzim.

(Delish/suara.com/muh)

Related Posts