Tebas Kuala Dukung Tanaman Obat Keluarga

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala desa Tebas Kuala kecamatan Tebas, Hemi Susanto mengungkapkan, kelompok tanaman obat keluarga (Toga) dan gizi obat keluarga (Giok) Besarri dan Semerbak Mewangi desa Tebas Kuala kecamatan Tebas, mewakili kecamatan Tebas dalam lomba Toga/Giok tingkat kabupaten Sambas.

Dikatakannya, tim penilai Toga/Giok kabupaten Sambas, telah mendatangi desa Tebas Kuala dan dua kelompok yang mewakili kecamatan Tebas tersebut untuk melakukan penilaian.

Kelompok Toga/Giok tersebut menurut Hemi, sebelumnya mengikuti lomba ditingkat desa yang dilaksanakan bulan Agustus yang lalu.

“Setelah kegiatan didesa, kelompok Toga/Giok Besarri dan Semerbak Mewangi mengikuti tingkat kecamatan. Berhasil mengantarkan dua kelompok ini, mewakili kecamatan Tebas dalam lomba tingkat kabupaten,” terangnya, Minggu (5/11).

Ia menjelaskan harapan menjadi pemenang dalam lomba tersebut, tentu menjadi harapan semua peserta yang mengikuti lomba tersebut. Akan tetapi sangat penting adalah bagaimana masyarakat melalui kedua kelompok tersebut dapat memanfaatkan pekarangan rumah, ataupun lahan untuk ditanami dengann tanaman obat dan gizi bagi keluarga.

“Harapan untuk menjadi pemenang pasti sudah ada sejak ikut lomba, namun manfaat dari tanaman keluarga ini yang sangat penting. Sehingga warga mengetahui tanaman obat keluarga ini sangat bermanfaat,” katanya.

Hemi menambahkan, untuk mendukung masyarakat dan warga menanam obat keluarga. Pemdes Tebas Kuala dalam ADD tahun 2017, telah menganggarkanya untuk kegiatan tersebut.

“Dukungan yang kita berikan dalam upaya tanaman obat keluarga, menyediakan anggaran untuk kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Sementara ketua tim penilai Toga/Giok kabupaten Sambas, Arpandi mengemukakan desa Tebas Kuala merupakan peserta yang kesebelas yang telah didatangi oleh tim penilai.

Diungkapkan, terdapat 12 kecamatan yang menjadi peserta lomba tersebut.

“Tujuan digelar lomba ini adalah, bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan tanaman obat yag terdapat dilingkungan tempat tinggal. Untuk dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional,” katanya.

(Gindra/Faisal)

Related Posts