Imam Besar Al Azhar dan Paus Fransiskus Sepakat Perangi Terorisme

Thetanjungpuratimes.com – Imam besar Al Azhar University Mesir, Ahmed Muhammad al-Tayeb, menemui pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (8/11).

Kedua tokoh berpengaruh di dunia tersebut, seperti  dilansir New Straits Times, dalam pertemuan itu bersepakat bekerja sama memerangi paham radikal dalam agama dan aksi teroristik.

Pertemuan kedua tokoh itu diadakan berkar inisiasi “Sant’Egidio”, komunitas Kristen yang secara resmi diakui oleh Vatikan.

“Umat Islam kekinian harus berperang melawan dirinya sendiri. Sebab, umat Islam juga adalah korban terorisme,” tutur Imam Besar Al Tayeb seusai pertemuan.

Ia mengatakan, paham radikalisme beragama dan teroristik tak ubahnya penyakit kanker yang kekinian menyebar ke seluruh dunia.

Selain terorisme dan radikalisme agama, Al Tayeb menuturkan ia dan Sri Paus juga membahas penderitaan orang miskin di berbagai belahan dunia dan cara membantu mereka.

“Sri paus memiliki hati yang dipenuhi rasa cinta dan kemanusiaan. Ia memercayai, pertukaran antarbudaya diperlukan untuk menjembatani seluruh perbedaan. Dengan begitu, kita tak perlu mengulang sejarah kekerasan dan kegelapan,” terangnya.

“Satu abad yang lalu, kita menyaksikan dua perang dunia yang menewaskan lebih dari 70 juta orang. Peristiwa itu menunjukkan betapa absurdnya manusia, dan seharusnya tak setetes darah pun tumpah,” tandasnya.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts