Ventura Dipecat, Ini Kandidat “Allenatore” Baru Timnas Italia

Thetanjungpuratimes.com – Kebersamaan Gian Piero Ventura bersama tim nasional Italia berakhir sudah. Pelatih berusia 69 tahun itu dipecat Federasi Sepakbola Italia (FIGC) pada, Rabu (15/11/2017).

Pemecatan menyusul kegagalan Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Keputusan ini diambil FIGC setelah menggelar rapat khusus di Roma, Italia.

“Per hari ini (Rabu–red) Gian Piero Ventura tidak lagi melatih tim nasional,” demikian pernyataan dari FIGC.

Sebagaimana diketahui, Italia gagal lolos ke pesta akbar sepakbola dunia setelah kalah agregat 0-1 dari Swedia. Kegagalan tersebut jadi yang pertama bagi Italia dalam kurun 60 tahun terakhir.

Berdasarkan laporan yang dilansir sejumlah media Italia, pihak FIGC akan membayar sisa gaji Ventura yang kontraknya habis pada Juni 2018.

Diperkirakan mantan pelatih Napoli itu menerima bayaran sekitar 800 ribu euro atas kompensasi pemecatannya. Jika dikonversi ke mata uang rupiah sekitar Rp12,7 miliar.

Presiden FIGC Carlo Tavecchio sendiri memastikan bertahan pada jabatannya, meski banyak pihak yang juga memintanya mundur terkait kegagalan timnas Italia tersebut.

“Presiden federasi menginformasikan pada peserta pertemuan…ketidakmungkinan baginya untuk mengundurkan diri,” kata pihak FIGC.

Terkait pengganti Ventura, Tavecchio mengatakan seorang pelatih baru akan ditunjuk setelah pertemuan FIGC yang akan berlangsung awal pekan depan.

“Kami mempertimbangkan nama besar untuk peran pelatih,” ujar lelaki berusia 74 tahun, menjanjikan.

Rumor yang berkembang, pihak FIGC tengah mendekati pelatih sarat pengalaman dan prestasi, Carlo Ancelotti.

Kebetulan, allenatore (pelatih–red) berusia 58 tahun itu dalam status bebas pasca dipecat dari Bayern Munich pada akhir September lalu.

Mantan pelatih AC Milan ini tercatat telah tiga kali memenangkan mahkota Liga Champions, dan sejumlah gelar liga di Italia, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Nama lain yang masuk dalam rumor, yakni Antonio Conte. Manajer Chelsea tersebut pernah menangani timnas Italia dari kurun waktu 14 Agustus 2014 hingga 2 Juli 2016.

Selain itu, ada juga nama pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dan mantan manajer Manchester City, Roberto Mancini, yang masuk dalam bursa pelatih baru Tim Azzurri.

(suara.com/muh)

Related Posts