Kerjasama Riset, Le Mans University Kunjungi Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Le Mans Perancis mengunjungi Universitas Tanjungpura (Untan) dalam rangka kerjasama berupa riset. Kunjungan itu juga rangkai dengan agenda Kuliah Umum yang berlangsung di ruang Amphiteater Fakultas Kedokteran Untan, Kamis (30/11).

Kuliah umum ini dihadiri oleh Prof. Jean-Luc Mouget, professor of Marine Diatom, Le Mans Universite, Dr. Yann Hardivillier, researcher of molecular biology and biochemistry Le Mans University, Dr. Vincent Leignel, researcher of genome’s evolution for aquatic organism and ecotoxicology Le Mans University.

Kuliah umum tersebut diikuti oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), mahasiswa Fakultas Kedokteran serta para dosen.

“Ini kegiatan dalam rangka kerjasama antara Untan dan Le Mans University. Kita dekat sekali, karena ada riset bersama, yang dibiayai oleh Uni Eropa, berupa dana project selama lima tahun, yang melibatkan 22 universitas di dunia,” kata Direktur Kantor Urusan Internasional, Zairin Zain.

Dosen Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Untan itu mengatakan, dalam project riset tersebut, Untan mengirimkan dua peneliti yakni Ika Safitri dan Dr. Rudiansyah yang akan meniliti selama satu tahun di Perancis.

Wakil Rektor I Untan, Dr. Aswandi menyampaikan, ada yang menarik dari kegiatan ini, yakni adanya kolaborasi riset yang sangat bagus dari disiplin ilmu yang berbeda, yang tidak sebatas kolaborasi institusi.

“Adanya kolaborasi sains, jadi hari ini tidak lagi aneh, dalam disiplin berbeda namun membericarakan masalah yang sama, selama mereka bisa mencari titik temu,” katanya.

(Sukardi/Faisal)

Related Posts