Seminar Digital World To Digital Classroom Bersama RELO Jakarta

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ratusan peserta menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh UPT Bahasa Universitas Tanjungpura (Untan) yang bekerjasama dengan American Corner Untan dan Regional English Language Officer (RELO) U.S Embassy Jakarta.

Seminar bertemakan “From Digital World to Digital Classroom” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Untan, Dr. Aswandi berlangsung di lantai tiga gedung Rektorat Untan, Jumat (8/12).

Kepala UPT Bahasa Untan, Stella Francisca dalam sambutannya menyampaikan, seminar ini diadakan terkait perkembangan teknologi yang kian hari kian canggih.

“Tak bisa dipungkiri, para siswa dan anak-anak kita saat ini tumbuh dan berkembang bersama teknologi. Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Dirinya mengajak para peserta seminar yang sebagian besar para guru untuk meningkatkan motivasi agar menjadi guru masa kini.

“Di seminar ini, William Little akan mengenalkan kita cara memaksimalkan penggunaan teknologi di kelas,” ucapnya.

Wakil Rektor I yang juga praktisi pendidikan, Dr. Aswandi menyebutkan, seminar ini penting karena di era digital seperti sekarang, para peserta didik sudah sangat akrab dengan teknologi dan gadget.

“Namun para pengajar harus ingat, bahwa teknologi bukanlah tujuan. Teknologi adalah instrumen. Pembelajaran yang efektif tetaplah interaksi yang baik antara pengajar dengan pembelajar,” tuturnya.

Ia berharap, melalui seminar ini, para peserta dapat menambah khazanah baru seputar pengajaran dan pembelajaran dengan pendekatan digital.

Direktur RELO Jakarta, William S. Little yang menjadi pembicara pada seminar ini memaparkan hal senada.

Menurut William, pengajaran yang buruk walaupun disertai dengan digital tool, tetaplah sebuah pengajaran yang buruk.

Pada seminar ini, William berbagi materi seputar Digital Classroom. Di antaranya, mengenai penyampaian yang bisa digunakan oleh para guru ketika mengajar di kelas, beragam contoh instrumen digital untuk mengajar, serta aplikasi dan software yang sudah terbukti efektif untuk membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Pada seminar ini, berlangsung pula sharing session bersama Urai Mimmi yang merupakan alumni International Leaders in Education Program (ILEP) 2017.

ILEP merupakan program yang disponsori oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan U.S Department State di James Madison University, Virginia. Urai Mimmi berbagi pengalamannya selama mengikuti program ILEP, serta memberikan tips dan trik seputar program yang telah mengatantarkannya ke Negeri Paman Sam kepada para peserta seminar.

(Sukardi/Faisal)

Related Posts