Pasca Keputusan Atas Yerusalem, Obama Bandingkan Trump dan Hitler

Amerika Serikat, thetanjungpuratimes.com – Barack Obama membandingkan penggantinya Donald Trump dengan Adolf Hitler, dalam sebuah pidato tentang demokrasi minggu ini. Biasanya, mantan presiden itu bungkam, menjelaskan pentingnya melindungi demokrasi pada sesi tanya jawab di Chicago.

Dikutip Metro dari Crain’s Chicago Business melaporkan bahwa Obama mengatakan kepada Economic Club, pentingnya melindungi ‘taman’ demokrasi atau akan hancur lebih cepat.

“Itulah yang terjadi di Jerman pada tahun 1930-an, yang terlepas dari demokrasi Republik Weimar dan berabad-abad tingginya pencapaian budaya dan ilmiah, Adolph Hitler bangkit untuk mendominasi. Enam puluh juta orang meninggal. Jadi kau harus memperhatikannya,” ujarnya.

Hitler terpilih menjadi penguasa pada tahun 1933 dan kemudian dengan cepat mulai membongkar institusi demokratis untuk memastikan bahwa dia dapat memerintah sebagai seorang diktator sampai kematiannya pada tahun 1945. Meskipun Obama tidak menyebutkan nama Trump, secara luas telah ditafsirkan di media Amerika sebagai penggalian di otoritas Trump gaya dan agenda Amerika Pertama.

Fox News dan berbagai gerai berita sayap kanan lainnya, mengkritik komentar tersebut seperti juga pendukung Trump di media sosial.

Obama juga mengatakan kepada 1.800 penonton saat itu bahwa dunia membutuhkan Amerika untuk terlibat dalam masalah dan tidak boleh menjadi isolasionis.

“Hal-hal tidak terjadi secara internasional jika kita tidak mengarahkan bahu kita ke kemudi. Tidak ada negara lain yang memiliki pengalaman dan bandwidth dan cita-cita … Jika AS tidak melakukannya, itu tidak akan terjadi,” katanya.

Dia menggunakan contoh dari wabah virus Ebola yang saat pemerintahnya membantu menundukkannya melalui pengiriman perawat dan sumber daya ke Afrika. Meskipun dikritik, Obama juga mengatakan bahwa dia mengerti prinsip bahwa pers bebas sangat penting dalam anggukan keluhan terbaru Trump tentang media.

Obama juga menyelipkan debat Batman vs Superman yang hebat, mengatakan kepada audiens bahwa dia yakin Batman akan menang dalam pertempuran di antara keduanya.

(suara.com/muh)

Related Posts