Kadis PRCK Kapuas Hulu Tuding Banyak Lapak Pedagang Tak Miliki IMB

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya (DTRCK) Kabupaten Kapuas Hulu, Nusantara Gawat mengatakan, kebanyakan lapak sewaan di kawasan Pasar Pagi Putussibau tidak memiliki IMB, pihaknya tidak memberikan izin tersebut karena bangunan itu tidak memenuhi persyaratan.

“Kami tidak memberikan izin (IMB) untuk lapak-lapak sewaan yang dibangun oleh masyarakat di pasar pagi itu,” ucapnya, Minggu (17/12).

Menurut Gawat, kalau pun ada IMB itu hanya diberikan pada bangunan rumah tinggal saja. Kalau bangunan lapak yang ditambah-tambah ke halaman itu tidak pernah diberikan IMB.

“Mungkin ada warga yang bangunan lamanya itu sudah ada IMB, yang dulunya kita berikan karena sudah sesuai aturan, tapi lalu ditambah-tambah lagi di halamannya untuk lapak penjual sayur itu yang tidak ada IMB,“ tegasnya.

Dalam hal IMB, kata Gawat ada dua kewenagangan. Kewenangan pertama pada instansi DTR Kapuas Hulu, kedua di tingkat kecamatan.

“Kalau luas bangunannya 200 meter ke atas, ngurus IMBnya ke kami. Nah kalau dibawah 200 meter itu ngurusnya ke kecamatan terkait,” terangnya.

Gawat menegaskan, seharusnya masyarakat patuh terkait tata cara mendirikan bangunan, sehingga lingkungan tidak jadi semerawut dan tidak tertata. Masalah IMB juga sudah menjadi atensi Bupati Kapuas Hulu. Namun, kata dia pihaknya tidak bisa bergerak sendiri untuk mentertibkan IMB tersebut.

“Kami siap turun untuk menyelesaikan permasalahan pasar tersebut, tetapi harus lintas sektoral terlibat baik Pol PP, Dinas Perdagangan dan dinas terkait lainnya, Camat, Lurah dan RT terkait, bahkan aparat penegak hukum,” tuturnya.

Dalam menertibkan IMB tersebut, menurut Gawat, tetap ada tahapannya, mulai dari teguran hingga dilakukan langkah tegas seperti pembongkaran paksa.

“Seperti saya bilang, pembangunan apa pun harus ada kepatuhan masyarakat dan ketegasan instansi Pemerintahnya. Karena kalau ini terus dibiarkan mungkin bisa kita lihat nantinya bangunan berdiri di tengah jalan di Putussibau ini,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts