Korsel Tembak 44 Kapal Nelayan Tiongkok

Tiongkok, thetanjungpuratimes.com – Korea Selatan menembaki 44 kapal nelayan asal Tiongkok, yang diklaim melanggar zona ekonomi eksklusif (ZEE) mereka.

Kantor berita Korsel, Yonhap, memberitakan, penembakan itu dilakukan setelah memberikan peringatan awal, Selasa (19/12/2017).

Namun, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (21/12/2017), kapal-kapal nelayan ini balas menembaki kapal patroli Korsel, sehingga kapal patroli mereka melepaskan 200 tembakan.

Pejabat otoritas mengatakan kapal-kapal nelayan Tiongkok tersebut pergi lima jam kemudian setelah tembakan peringatan yang pertama.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau kerugian pada kapal-kapal nelayan Tiongkok, namun telah dipastikan tidak ada kerusakan pada pihak patroli Korea Selatan.

Pada konferensi pers di Beijing, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan bahwa ia sangat menyayangkan kejadian tersebut.

Chunying mengimbau kepada Korea Selatan untuk tidak menggunakan cara-cara berbahaya. Dia meminta pemerintah Seoul untuk bertindak sesuai dengan hukum dan melindungi hak-hak nelayan.

Sering terjadi ketegangan antara kedua negara akibat pelanggaran yang dilakukan oleh para nelayan.

(Anadolu Agency/suara.com/muh)

Related Posts