Harga Ikan dan Udang di Singkawang Merangkak Naik

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, saat ini harga udang putih di Pasar Beringin Kota Singkawang sudah dijual seharga Rp60 ribu per kilogram.

“Sebelumnya dijual seharga Rp50 ribu per kilogram, tapi sekarang sudah dijual seharga Rp60 ribu per kilogram,” kata Helmi, Selasa (26/12).

Tak hanya udang putih yang mahal, ikan tongkol hitam juga menurutnya dijual dengan harga tinggi yakni seharga Rp35 ribu per kilogram.

“Sebelumnya masih Rp30 ribu per kilogram, tapi sekarang naik menjadi Rp35 ribu per kilogram,” ujarnya.

Tingginya harga udang dan ikan di pasaran disebabkan pengaruh cuaca ekstrim yang terjadi sekarang ini, dimana ikan gembung juga dirasakan ikut naik lantaran dijual seharga Rp35 ribu per kilogram.

Sementara untuk komoditi lainnya, seperti cabe rawit, bawang merah dan bawang putih sampai saat ini masih terbilang normal.

Untuk harga cabe rawit jenis cakra, jelasnya, dijual di kisaran antara Rp38 ribu – Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan pada bawang merah dijual di kisaran antara Rp24 ribu – Rp25 ribu per kilogram. Kemudian, bawang putih dijual seharga Rp20 ribu per kilogram.

Sementara daging ayam dijual seharga Rp38 ribu per kilogram. Menurutnya, harga ini masih sama dengan minggu lalu (sebelum hari Raya Natal).

Untuk daging sapi juga menurutnya masih tetap stabil yakni masih bertahan diharga Rp120 ribu per kilogram.

(Mizar/Faisal)

Related Posts