Tips Aman dan Nyaman Gunakan Smartphone Selama Liburan

Thetanjungpuratimes.com – Mengambil liburan di saat ini memang tepat karena rentang waktu yang cukup panjang. Selain menyiapkan semua keperluan menjelang liburan, mulai dari tiket perjalanan hingga akomodasi, satu hal yang penting untuk dibawa adalah smartphone.

Untuk membuat liburan semakin menyenangkan dan aman, ada beberapa tips dari Samsung Customer Service dan terangkum Suara.com yang bisa diikuti.

  1. Optimalkan Baterai

Baterai habis, buyarlah segala rencana perjalanan yang ada. Kamu tidak bisa browsing tempat-tempat seru dan juga mengambil foto-foto yang Instagrammable selama liburan.

Jangan khawatir karena baterai smartphone bisa kamu atur agar lebih awet. Caranya :

– Kurangi tingkat keterangan layar (brightness level) dan gunakan mode power saving.

– Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat.

– Pastikan menggunakan kabel data dan charger original.

– Pastikan pengisian ulang baterai kamu lakukan di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ketidakstabilan listrik dapat mempengaruhi performa baterai dan memperpendek umur baterai.

– Gunakan fitur Device Maintenance di smartphone Samsung untuk mengoptimalkan kinerja baterai dan juga performa smartphone. Kamu dapat mengakses fitur ini di bagian Settings.

– Pastikan perangkat fast charging dibawa saat liburan.

  1. Jaga Kapasitas Memori

Merekam momen adalah salah satu aktivitas utama dalam liburan untuk dibagikan langsung dengan keluarga dan kerabat terdekat. Oleh karena itu, penting pula mengatur kapasitas memori dengan :

– Mengatur manual kualitas pixel foto menjadi lebih rendah agar lebih banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa.

– Memastikan semua foto dan video disimpan di dalam memory card.

– Aktifkan fitur cloud storage, seperti Samsung Cloud.

  1. Lindungi Data Pribadi

Bayangkan betapa mengesalkan jika kita kehilangan smartphone saat liburan. Semua data mulai dari nomor telepon, email, foto, hingga data-data penting lainnya jadi rentan disalahgunakan pihak lain.

Kamu bisa meminimalkan resiko ini dengan :

– Memberi password di aplikasi dan data yang penting.

– Mengaktifkan fitur di smartphone Samsung: Find My Mobile untuk mendeteksi dan melindungi smartphone dari pencurian data. Dengan fungsi Find My Mobile, kamu dapat meminimalkan kemungkinan bocornya informasi pribadi dengan menggunakan fungsi ‘Kunci Perangkat Saya’ dan ‘Kosongkan Perangkat Saya’ jika smartphone kamu hilang. Selain itu, kamu dapat menemukan perangkat yang hilang menggunakan fungsi ‘Temukan Perangkat Saya’.

Tidak sempat mengecek smartphone sebelum berangkat liburan? Cukup unduh aplikasi MySamsung sehingga dapat menghubungi Samsung 24 jam sehari baik melalui call center, bantuan online seperti live chat dan email, serta mendapat bantuan terpadu jarak jauh (remote service).

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, niscaya liburanmu akan aman dan nyaman tanpa khawatir smartphone kamu mengalami kendala.

(suara.com/muh)

Related Posts