India Siapkan Kereta Bawah Laut Pertama di Dunia

Thetanjungpuratimes.com – Seakan tak mau kalah dalam perlombaan teknologi moda transportasi di atas rel, India kini menyiapkan sambungan rel kereta api bawah laut.

Proyek yang akan dimulai tahun 2018 nanti akan menjadikan India sebagai negara pertama di dunia yang memiliki jalur rel kereta api bawah laut.

Jepang, Prancis, dan China terus berlomba menjadi negara paling inovatif dalam perkeretaapian. Mereka berlomba menghasilkan rangkaian kereta tercepat di dunia.

Kereta cepat di Jepang sudah menjadi penemuan yang sangat sukses sejak diperkenalkan pertama kali tahun 1964. Orang-orang di Jepang menggunakannya untuk bekerja, pergi menjelajah negara, liburan, dan sebagainya.

China telah melunvurkan kereta bawah tanah tanpa awak.

Tak mau kalah dari Jepang dan China, baru-baru ini India menyiapkan sebuah proyek yang lebih gila. Mereka tidak membuat kereta bawah tanah namun membuat saluran kereta bawah laut. Jalur kereta ini sebagian berada di bawah laut, tepatnya sepanjang 21 kilometer.

Total seluruh rangkaian jalur kereta ini mencapai 508 kilometer, menghubungkan Mumbai dan Ahmedabad, dua kota pusat perdagangan baru di India. Jadi tidak seluruh perjalanan kita akan berada di bawah air laut. Tidak diungkapkan besaran investasi yang dibutuhkan. Bila sesuai dengan jadwal, jalur kereta ini akan mulai dibangun pada tahun 2018 mendatang.

Tak hanya melalui jalur di bawah laut, kecepatan kereta ini mencapai 350 kilometer per jam. Dengan kata lain, jarak yang biasa ditempuh 7 jam dengan kerera biasa untuk menghubungkan antara kedua kota industri itu, nantinya bisa ditempuh kurang dari 2 jam.

Mengingat pengalaman unik bisa melihat pemandangan bawah laut yang ditawarkan, tiket mahalpun tidak jadi penghalang.

(Suarakarya.id/Faisal)

Related Posts